APR
10

Workshop Nasional Hak Kekayaan Intelektual

Sabtu, 10 April 2021     Dilihat: 326

Jum’at, 9 April 2021 Perbanas Surabaya melalui PPPM (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) mengadakan Workshop Nasional dengan tema “Tip dan Trik Mendapatkan Paten dan Jenis Haki Lainnya dari Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”. Pemateri pada acara ini adalah Prof. Dr. Ir. Soeprapto, DEA. Beliau menjabat sebagai Kepala LLDikti Wilayah VII Jawa Timur. Acara yang berlangsung melalui media online Zoom ini selain diikuti oleh dosen Perbanas Surabaya juga diikuti oleh dosen dari kampus binaan Perbanas Surabaya dan dosen dari perguruan tinggi lain. Acara dibuka oleh Bapak Dr. Yudi Sutarso, SE., M.Si selaku Ketua Perbanas Surabaya. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasannya workshop ini bertujuan agar dosen dapat memperoleh wawasan lebih jauh tentang HKI (Hak Kekayaan Intelektual) sehingga harapannya karya-karya dari dosen juga dapat dipatenkan.

Sesi berikutnya merupakan acara inti yaitu penyampaian materi dari Prof. Dr. Ir. Soeprapto, DEA. Beliau menyampaikan seluk beluk tentang Hak Kekayaan Intelektual. “HKI adalah hak yang timbul atas KI hasil oleh pikir manusia yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia” ujarnya. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa Invensi/temuan yang layak paten harus bersifat baru, mengandung langkah inventive dan dapat diterapkan dalam bidang industri. HKI terbagi menjadi dua, yakni Hak Cipta  & Hak terkait dan Hak Kekayaan Industri. Hak Cipta dapat berupa karya tulis, jurnal, lagu, drama dan software komputer. Sedangkan Hak Kekayaan Industri terbagi menjadi lima diantaranya rahasia dagang, desain industry, desai tata letak sirkuit terpadu, merek dan paten. Sebagai contoh Hak Kekayaan Industri  dalam bidang elektronika berupa desain sirkuit elektronika ataupun hak merek tentang logo suatu perusahaan. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa proses untuk mendapatkan paten dapat dimelalui website paten.dgip.go.id.

Kegiatan workshop ini merupakan agenda yang penting untuk membantu dosen selaku civitas akademika dalam memperoleh paten untuk karya-karya yang dibuat dan menunjang dosen dalam tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. (gs/hms)

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini