Sarjana Akuntansi

APR
23

Workshop Integrasi Pengabdian Masyarakat dalam Mata Kuliah Akuntansi

Selasa, 23 April 2019     Dilihat: 289

Selasa, 23 April 2019, Program Studi Sarjana Akuntansi STIE Perbanas Surabaya menyelenggarakan workshop bagi para dosen setempat. Hal ini dimaksudkan untuk membimbing mereka dalam publikasi penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan berjudul “Workshop Integrasi Pengabdian Masyarakat Dalam Mata Kuliah Akuntansi” ini diikuti oleh 17 dosen akuntansi. Bertempat di Ruang II.A302 Kampus 2 STIE Perbanas Surabaya, acara ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran tentang penyusunan proposal pengabdian masyarakat dalam kelengkapan adminitratif jabatan fungsional, integrasi kurikulum, dan pengajuan dana hibah pengabdian masyarakat.

Lantas, pemateri yang dihadirkan seorang guru besar dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., CA,. CMA., QIA. Pihaknya dihadirkan dengan alasan pengalaman dan kemahirannya dalam merealisasikan penelitian maupun pengabdian masyarakat dari hibah yang diberikan oleh pemerintah.

Selama kegiatan berlangsung, Prof. Intiyas memaparkan cara membuat proposal yang sesuai dengan ketentuan. ”Penyusunan proposal itu harus dilandasi oleh latar belakang yang membahas persoalan yang terjadi di masyarakat dan menyertakan solusinya,” paparnya.

Selain itu, beberapa yang perlu diperhatikan, yakni persiapan publikasi pengabdian masyarakat yang terdiri, atas pengetahuan yang akan ditulis, pemahaman tujuan pengabadian masyarakat, dan pelaksanaan pengabdian masyarakat. Di samping itu, pihaknya memaparkan tentang pembuatan pendahuluan, tinjauan pustaka, rencana kegaiatan, pembahasan, kesmpulan sampai ke teknik penulisan.

 

Beberapa hal yang perlu ditekankan, seperti menghindari penulisan judul yang panjang, singkatan dan kata–kata umum. Trik lain penulisan judul, meliputi menunjukan kekhasan jurnal pengabdian masyarakat, menonjolakan kata kunci, dan menempatkan kata kunci yang paling penting kekhasan di awal judul.

Lebih lanjut, Prof. Intiyas memaparkan tentang apa saja yang tidak boleh di dalam abstrak dan ciri abstrak. Bahkan, untuk hasil dan pembahasannya mengunakan bahasa yang lugas dan sederhana serta menunjukan data dalam bentuk gambar atau tabel, merujuk pada sitasi pustaka dan hasilnya secara jelas.

Sementara itu, salah satu dosen Akuntansi Lufi Yuwana Mursita, S.E., M. Sc., turut menyampaikan proposal pengabdian masyarakat kepada mahasiswa yang berfokus dalam harga pokok produksi perusahaan manufaktur. Tujuannya, dirinya agar bisa merancang, implementasi, memberi solusi, pelaporan, dan targetnya menyusul untuk artikel publikasi pada tahapan selanjutnya. (Denta.r)

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini