Prodi Magister Manajemen Ter-Akreditasi UNGGUL dari BAN-PT

NOV
03

POJOK OPINI MAHASISWA "The Power Of Sosmed Di Tengah Pandemi"

Selasa, 03 November 2020     Dilihat: 482

PERSAINGAN usaha konvensional dan online shop sudah sangat ketat, saat ini mengharuskan para pelaku usaha harus selalu mencari strategi penjualan baru agar tetap bisa bersaing dengan para pelaku usaha lainnya, salah satu aktivitas dari wirausaha adalah menjual produk untuk mendapatkan sebuah keuntungan, untuk mencapai sebuah tujuan wirausaha dituntut agar dapat memperkenalkan serta memasarkan produk yang dijualnya secara cepat tetapi tidak bany- ak resource yang terbuang. Perkembangan teknologi internet saat ini sangat cepat berdam- pak hampir kesegala bidang kehidupan manusia, hampir semua aspek kehidupan manusia saat ini dipengaruhi oleh internet  tidak terkecuali bidang penjualan. Adanya internet berdampak positif pada munculnya tren Periklanan digital di- mana Para pemilik merek mulai menjadikan media digital sebagai media promosi dan pemasaran yang baru. Aktivitas digital marketing yang tren dilakukan saat ini adalah social media endorsement untuk membangun merek.

Para pelaku usaha biasanya melakukan pemasaran suatu produk atau jasa dalam sebuah usaha yang dijalankannya, dip- erlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang biasa disebut sebagai bauran pemasa- ran (marketing mix). Konsep ini nantinya disesuaikan dengan kondisi usaha barang atau jasa yang akan melaksanakannya, namun secara umum, konsep 7P ini (product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence) digunakan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran. 

Selain konsep 7P, strategy lainnya yaitu melalui media promosi yang bisa digunakan adalah endorsement pada se- lebgram yang mengkhususkan diri pada bidangnya yang ten- tunya memberikan pengaruh yang cukup besar dalam mem- pengaruhi keputusan seseorang untuk membeli.

Selain endorsement juga me- dia promosi melalui Electronic Word of Mouth juga sangat ber- pengaruh dalam jalannya usa- ha yang dilakukan oleh pelaku usaha online shop. Karena E- WOM sebagai wujud dari per- kembangan teknologi yang tu- juan utamanya memberikan kemudahan dan efisiensi dari berbagai segi, seperti efisiensi tenaga, biaya, prosedur, dan sebagainya. (*)

* Penulis : Anis Fitriyasari dan Dyah Ayu D. Mahasiswa Prodi MM STIE Perbanas Surabaya Terbit dalam Radar Surabaya Selasa, 3 November 2020

Baca Selengkapnya disini

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini