Prodi Magister Manajemen Ter-Akreditasi UNGGUL dari BAN-PT

Profil Lulusan

PROFIL LULUSAN


Berdasarkan data tracer study yang telah dilakukan oleh Perbanas Career Center (PCC), bahwa sebagian besar alumnus Magister Manajemen bekerja di bidang perbankan, yaitu sebanyak 12 (Lima belas) alumnus (38%)  Kemudian menempati urutan kedua sebagian besar alumnus Magister Manajemen bekerja di bidang perusahaan jasa non bank dan keuangan sebesar 28%. Artinya ada sebagian besar lulusan menggunakan ilmu yang didapatkan untuk mengembangkan karirnya. Menempati urutan yang ketiga, profil lulusan di Magister Manajemen adalah bekerja di bidang wirausaha atau bisnis sebesar 22% dan lembaga keuangan non-bank 6% Kemudian dilanjutkan dengan profil lulusan yang bekerja di bidang Perusahaan manufaktur dan jasa pendidikan.

 

 

KESESUAIAN BIDANG KERJA LULUSAN

Studi penelusuran lulusan (tracer study) dilakukan oleh unit kerja Perbanas Career Center. Tracer study dilakukan dengan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil tracer study menunjukkan daya saing lulusan sangat baik. Hal ini diindikasikan tidak ada lulusan yang bekerja di luar bidang manajemen dan tren peningkatan tingkat kesesuaian bidang kerja dari TS-4, TS-3, dan TS-2, khususnya untuk tingkat kesesuaian Sedang ke tingkat kesesuaian Tinggi. Pada TS-2 97% alumni bekerja sesuai bidangnya kategori Tinggi dan hanya 3% alumni bekerja sesuai dengan bidangnya dengan ketegori rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa tindak lanjut peningkatkan persentase kesesuaian bidang kerja sangat baik. Diduga peningkatan tersebut karena dua hal. Pertama, mengundang praktisi untuk mengisi kuliah tamu sehingga pengetahuan dan ketrampilan calon lulusan terus sejalan dengan kebutuhan pengguna, sekaligus menjalin ikatan mahasiswa selaku calon pekerja dengan praktisi selaku calon pemberi kerja. Kedua, melakukan kunjungan perusahaan sehingga calon lulusan mengidentifikasi sejak dini pilihan karirnya dan secara bertahap meningkatkan kemampuannya.

 

 

Terdapat beberapa jenis dan posisi pekerjaan lulusan sebanyak 6 orang merupakan owner dari wirausaha, selain sebagai owner ada berbagai macam posisi lainnya seperti Junior Relationship Manager, Head of Operations Surabaya Sub Branch, Human Resource Consultant, Regional Account Manager, Supervisor, Corporate Business Executive, Administration Business Support, Konsultan, Pimpinan Cabang, Credit Analysis, Dosen, Relationship Funding Manager, Marketing, Staff Bagian Persuratan, Kepala Biro Administrasi Akademik & Dosen, Penyelia Pemasaran, Desain, dan Pegawai Administrasi Umum. Dari beragam jenis dan posisi pekerjaan ini menunjukkan bahwa lulusan magister manajemen bisa bekerja di posisi apapun sehingga mudah menyerap kebutuhan industri saat ini.




Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu perkuliahan adalah dengan mendasarkan pada kualitas dan peran lulusannya dalam dunia kerja. Kualitas lulusan merupakan cerminan dari kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh suatu perguruan tinggi. Program studi (pascasarjana) harus menempatkan mahasiswa sebagai pemangku kepentingan utama sekaligus sebagai pelaku proses nilai tambah dalam penyelenggaraan kegiatan akademik untuk mewujudkan visi, melaksanakan misi, mencapai tujuan melalui strategi-strategi yang dikembangkan oleh program studi. Program studi (pascasarjana) harus berpartisipasi secara aktif dalam sistem perekrutan dan seleksi calon mahasiswa agar mampu menghasilkan input mahasiswa dan lulusan bermutu. Program studi (pascasrjana) harus mengupayakan akses layanan kemahasiswaan dan pengembangan minat dan bakat. Program studi harus mengelola lulusan sebagai produk dan mitra perbaikan berkelanjutan program studi. Selain itu, program studi (pascasarjana) harus berpartisipasi aktif dalam pemberdayaan dan pendayagunaan alumni, serta meningkatkan peran alumni untuk peningkatan kualitas perkuliahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini