Pusat Kerjasama Antar Lembaga

SEP
13

Kunjungan STIE Ekuitas Bandung di STIE Perbanas Surabaya

Kamis, 13 September 2018     Dilihat: 168

Kunjungan STIE Ekuitas Bandung di STIE Perbanas Surabaya

STIE Perbanas Surabaya sebagai kampus dengan tata kelola kategori baik sekali tahun 2018 mengemban tanggung jawab moral maupun sosial. Bahkan, predikat tersebut membuat STIE Perbanas Surabaya dijadikan kampus rujukan dari berbagai kampus di Indonesia. Terbukti, salah satu sekolah tinggi di Bandung, yakni STIE Ekuitas Bandung melakukan kunjungan studi banding ke green campus pada Kamis, 13 September 2018. Bertempat di Ruang Seminar Kampus 1 Jalan Nginden Semolo 34-36 Surabaya, sebanyak 22 orang STIE Ekuitas Bandung menimba ilmu tentang tata kelola perguruan tinggi yang baik.

Dr. rer. nat Martha Fani Cahyandito , SE. , MSc . , CSRS., selaku Wakil Ketua Bagian Akademik STIE Ekuitas Bandung mengatakan kegiatan kunjungan sejumlah kampus di Surabaya memang dilakukan oleh pihaknya untuk mempelajari tata kelola perguruan tinggi. Nanti, hasil kegiatan studi banding dijadikan acuan guna meningkatkan mutu dan kualitas kampusnya. Selain itu, acara ini juga dijadikan silaturahmi kedua kampus swasta yang memiliki background yang sama di bidang Ekonomi.

”Pada dasarnya STIE Ekuitas Bandung dan STIE Perbanas Surabaya memiliki tipologi yang sama. Tahun ini, kampus Ekuitas berumur 17 tahun. Jadi, di usia remaja ini kami ingin belajar banyak dalam menerapkan tata kelola perguruan tinggi,” paparnya.

Lebih lanjut, beliau ingin menggali lebih dalam tetang sistem pengelolaan STIE Perbanas Surabaya hingga berhasil meraih sekolah tinggi terbaik di Indonesia. Adapun materi yang didiskusinya, antara lain: Strategi Penerimaan Mahasiswa Baru; Pengelolaan Kelas Internasional; Pengelolaan Program Magister Manajemen, Sarjana maupun Diploma 3; dan sejumlah topik lainnya. Pihaknya pun mengikutsertakan sejumlah pejabat penting di kampusnya, di antaranya: Wakil Ketua Bidang Akademik; Wakil Ketua II Bidang Keuangan, SDM, dan Sarana Prasarana; Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni; Direktur Pascasarjana; Segenap Ketua maupun Sekretasi Program Studi, Sekretaris Penjaminan Mutu, dan lain sebagainya.

Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Lutfi, M.Fin., menyambut baik segenap tamu dari STIE Ekuitas Bandung. Menurutnya, kegiatan kunjungan studi banding menjadi media berbagi pengalaman dalam mengelola perguruan tinggi melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal. STIE Perbanas Surabaya terdapat kekurangan maupun kelebihannya, namun dalam pertemuan tersebut beliau mengajak berdiskusi sehingga dapat memetik manfaat dari kedua belah pihak.

Setelah acara pembukaan dan sambutan oleh pimpinan kedua kampus, segenap peserta yang hadir dalam studi banding melakukan diskusi sesuai unit terkait. Turut hadir pula dalam kegiatan diskusi dari STIE Perbanas Surabaya, yakni pimpinan, ketua program studi, dan sejumlah kepala bagian terkait. (Eko.r)

The Leading Business and Banking School