JAN
17

Mahasiswi Diploma 3 STIE Perbanas Surabaya Sabet Juara 1 APC 2021

Minggu, 17 Januari 2021     Dilihat: 4566

Berkesempatan menjadi juara tidak pernah diduga oleh tim mahasiswi Diploma 3 Akuntansi STIE Perbanas Surabaya. Tim mahasiswi yang terdiri atas Bella Cahya Firdayanti, Yefian Rahma Adinita, dan Azra Anindya Riza Amal berhasil menyabet Juara 1 Accounting Paper Competiton (APC) 2021. Event daring berskala nasional ini menjadi pengalaman pertama bagi mereka di awal studi bersama STIE Perbanas Surabaya.

Mahasiswi salah satu tim juara, Bella Cahya Firdayanti mengaku semula tidak berpikir bisa menjadi pemenang. ”Soalnya, pesertanya nasional jadi saya dan tim berpikir bahwa mendapat sertifikat peserta saja sudah cukup. Tapi Alhamdulillah, kami lolos di tahap paper, di situ kami lebih serius dan benar-benar mengembangkan ide kami tersebut,” ungkap Bella.

Mahasiswi angkatan 2020 ini bercerita, setelah lolos paper mereka bersemangat dan kembali pesimis ketika di tahap presentasi. Dalam sesi itu, kelompok yang bertanding sudah tampak kritis dalam menyampaikan pendapat hingga sanggahan. ”Alhamdulillah-nya, ternyata kami bisa melewati semua dengan sebaik mungkin,” urainya gadis berhijab ini.

Dengan mengusung paper berjudul Aksesibilitas Perpajakan pada Laba E-Commerce mampu menarik perhatian juri. Pasalnya, topik tersebut masih hangat jadi sorotan dan menjadi perhatian selama pademi Covid-19 melanda Indonesia. Dirinya tertarik dengan hal tersebut karena banyak marketplace yang keuntungannya melebihi toko offline. ”Tetapi mereka tidak dikenakan pajak. Jadi, dengan aplikasi tersebut bisa menyeimbangkan laba antara bisnis online dan offline,” terangnya.

Lanjutnya, data yang dihimpun pun bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) tentang penurunan ekonomi Indonesia pada triwulan kedua 2020 akibat covid. “Kami pakai data dari satgas covid, ada data dari Blibli juga tentang marketplace yang sukses, ada beberapa data mengenai ketimpangan antara laba e-commerce dan toko offline beserta dasar pajak-pajaknya. Jadi, kami solusi yang kami tawarkan dalam bentuk aplikasi,” pungkasnya. (eko/hms)

 

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: humas@perbanas.ac.id atau humas@hayamwuruk.ac.id

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini