OKT
23

Berprestasi, Pustakawan STIE Perbanas Surabaya Raih Juara III

Jumat, 23 Oktober 2020     Dilihat: 251

Pandemi Covid-19 tak menghalangi semangat pustakawan STIE Perbanas Surabaya untuk berprestasi. Pustakawan bernama lengkap, Dio Eka Prayitno, S.Sos., berhasil meraih Juara III dalam Lomba Pemilihan Pustakawan Terbaik yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Tahun 2020.

Dihubungi usai raih penghargaan, Dio merasa bahwa juara yang diterimanya saat ini sebagai bentuk amanah untuk terus berkembang dan mengabdikan diri pada profesi kepustakawanan dan dunia perpustakaan. Saat berlomba, kerja keras dan loyalitasnya menjadi dasar menjalani proses meraih prestasi. Namun, bagi Dio lomba tersebut bukanlah ajang kompetisi.

”Lomba ini bukanlah ajang kompetisi bagi saya dan rekan-rekan sejawat, melainkan sebuah momentum untuk berbagi kisah dalam mengelola perpustakaan. Satu hal yang menantang bagi saya adalah persiapan mental untuk terus berinovasi demi kepentingan bersama baik institusi dan profesi,” urainya.

Sementara itu, selama lomba berlangsung pihaknya harus melewati berbagai seleksi, di antaranya: Tes Kognitif dan Wawasan peserta lomba. Tahapan selanjutnya adalah presentasi makalah yang sudah disiapkan. Dio pun mengakui tidak ada persiapan secara khusus.

”Hanya saja, saya melakukan rutinitas kegiatan di perpustakaan setiap harinya. Ada target-target yang ingin saya capai, misalkan dalam 1 tahun harus menerbitkan artikel ilmiah yang di submit melalui jurnal maupun prosiding. Hal tersebut membantu dalam menunjang dokumen prtofolio lomba saya,” ceritanya.

Lanjutnya, dalam berkegiatan rutin bisa muncul ide-ide kreatif untuk melakukan inovasi. ”Misalnya, ketika melayani pemustaka kepada dosen, mahasiswa maupun pemustaka dari luar kampus. Ide-ide tersebut dicetuskan dalam sebuah konsep, didiskusikan dengan tim lalu di implementasikan dalam kegiatan. Seperti itulah siklus yang saya lakukan dalam menyiapkan lomba,” imbunya.

Dalam waktu dekat, pihaknya pun memiliki target melanjutkan studi untuk meningkatkan kemampuan dan akan melakukan kegiatan penulisan karya ilmiah secara masif.

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini