AGU
14

Himapas MM STIE Perbanas Surabaya Sukses Gelar International Conference Kedua Kali

Jumat, 14 Agustus 2020     Dilihat: 499

Program Studi Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya kembali menggelar  International Conference Business and Banking Innovations (ICOBBI) 2020. Selama dua hari yaitu 14–15 Agustus 2020, konferensi berskala internasional ini diiniasiasi oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (Himapas) Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya.

Sekretaris Program Studi (Prodi) Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya Dr. Ronny, S.Kom., M.Kom., M.H mengatakan ICOBBI telah digelar untuk kali kedua. “Bulan Agustus tahun 2019 lalu, kami juga mengadakan kegiatan serupa. Meski saat ini sedang pandemi Covid-19, kami mensiasatinya dengan melakukan video conference melalui aplikasi Zoom,” terang Dr. Ronny saat ditemui, Jumat 14 Agustus 2020.

Lanjutnya, tahun ini ICOBBI 2020 bertema “Nurturing Business and Banking Sustainability”. Secara umum, para keynote speaker membahas tentang bisnis dan perbankan dapat berjalan beriringan dan berkelanjutan. Terlebih dalam situasi sekarang, sektor perbankan juga ikut terimbas akibat pandemi Covid-19.

“Dalam konferensi ini, para keynote speaker membahas tema besar ini dari sudut kacamatanya masing-masing. Sambil mencari solusi terbaik dari setiap masalah yang timbul,” imbuh Ronny.

Senada dengannya, Ketua Prodi MM STIE Perbanas Surabaya, Prof. Dr. Tatik Suryani, Psi., M.M. menambahkan sustainability menjadi isu penting untuk kelangsungan bisnis jangka panjang. ”Bisnis tidak hanya berorientasi pada Profit saja tetapi juga 2P yang lain, yaitu Planet dan People,” tambahnya.

Keynote speaker yang dihadirkan sebanyak enam orang dari lima negara berbeda. Adapun keynote Speaker pada hari pertama konferensi tersebut, antara lain: Ketua Prodi Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya Prof. Dr. Tatik Suryani, Psi., MM dari Indonesia, Associate Prof. Pallavi Pathak, Ph.D  dari India, dan Prof. Reevani Bustami, Ph.D dari Universiti Sains Malaysia. Kemudian, pada hari kedua ICOBBI 2020, diisi oleh Director Maritime Academy of Asia and The Pacific, Prof. Angelica M. Baylon, Ph.D dari Filipina, Associate Prof. Dr. Ellisha Nasruddin dari Graduate School of Business USM Malaysia, dan  Chonlantis Darawong, Ph.D dari Sripatum Chonburi University Thailand.

Sementara itu, terdapat  enam perguruan tinggi lainnya yang mendukung acara ini, yaitu  Universitas 17 Agustus 45 Surabaya, Universtas Surabaya, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, STIE Nitro Makasar, dan STIE 66 Kendari Sulawesi Tenggara sebagai co-host, ICOBBI 2020 diikuti oleh 150 peserta terdiri dari mahasiswa, dosen, peneliti, praktisi, dan masih banyak lainnya.

Dalam konferensi internasional ini, sebanyak 63 pemakalah melakukan presentasi hasil penelitian. Jumlah pemakalah ini meningkat hampir tiga kali lipat dari sebelumnya. “Walaupun baru terselenggara sebanyak dua kali namun jumlah para pemakalah yang berpartisipasi terus meningkat. Tahun pertama pelaksanaan hanya 23 pemakalah. Tapi tahun ini meningkat hingga dua kali lipat,” tutur Ronny.

Selain itu, panitia telah menyiapkan dua kategori penghargaan untuk para pemakalah, yaitu kategori best paper dan best presenter. Penelitian dilakukan oleh reviewer yang tidak hanya dari STIE Perbanas Surabaya. Karya yang terpilih akan  direkomendasikan untuk dikirim  ke jurnal terindeks Sinta 2 dan 3 yang diterbitkan oleh STIE Perbanas yaitu Jurnal Ventura dan Journal of Business and Banking. Jika memenuhi ketentuan jurnal tersebut dapat dipublikasikan

Melalui ICOBBI 2020, STIE Perbanas Surabaya berharap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa, dosen, atau praktisi sekaligus untuk untuk menciptakan suasana akademik yang kondisif. (eko/r)

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini