FEB
22

Ajak Millenial Tanggap Isu Kekinian, English Club Perbanas Gelar PANDCO bagi Pejalar Se-Jawa Timur

Sabtu, 22 Februari 2020     Dilihat: 452

Menjadi kampus dengan visi global, STIE Perbanas Surabaya tidak pernah berhenti untuk merealisasikannya dalam beragam kegiatan menarik. Di samping event institusi, segenap mahasiswa kampus setempat yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Club turut hadir mengajak kaum millenial untuk peduli terhadap isu kekinian di lingkungan kehidupannya.

Hal tersebut diwujudkan dalam acara Perbanas Amazing Newbie Debate Competition (PANDCO) 2020. Berlangsung selama dua hari, tepatnya, Jumat-Sabtu 21-22 Februari 2020, lomba ini diikuti oleh siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA sederajat di Jawa Timur. Bertempat Di Auditorium Hall A Kampus 1 STIE Perbanas Surabaya, sebanyak 21 tim berkompetisi untuk meraih juara. 

Ketua Pelaksana, Dona Ambarsari menjelaskan acara PANDCO senantiasa diselenggarakan setiap tahun oleh UKM English Club STIE Perbanas Surabaya. Tujuannya, untuk menjaring debater pemula (newbie) yang didominasi para generasi millenial. Selain itu, para pelajar ini juga diajak untuk berperan aktif dalam menjaga stabilitas lingkungan, seperti sosial, ekonomi, politik, keamanan, dan lainnya. Selama perlombaan berlangsung pun, mereka berdebat menggunakan bahasa inggris.

"Maksudnya, agar kaum milenial ini sadar akan problem lingkungan di sekitarnya. Mereka bisa lebih open minded dan berfikir kritis terhadap isu-isu yang berkembang. Jadi, tidak terbawa arus tertentu saja," papar Dona disela acara berlangsung. 

Dona menjelasakan, sistem perlombaan debat ini mengacu pada Asian Parliamentary sehingga setiap tim beranggotakan sebanyak 3 orang. Mereka berkompetisi untuk masuk ke sejumlah babak, yakni 16 besar, 8 besar, 4 besar, dan Babak Final. "Pertama tahap Preelimenary Round, octo final round, quarter final round, semi final, dan final round untuk penentuan juara. Ada juga kategori Best Speaker," tambahnya. 

Diketahui, sejumlah sekolah yang datang dari berbagai daerah, di antaranya: Kediri, Blitar, Mojokerto, Bojonegoro, Surabaya, dan lainnya. 

Setelah mengikuti serangkaian babak demi babak, akhirnya ditentukanlah para pemenang yang berhasil menjuarai Lomba PANDCO 2020. Untuk Juara I berhasil diraih oleh SMK Negeri 1 Kediri dengan nama timnya Serangan Fajar. Kemudian, Juara 2 diberikan kepada SMA Negeri 15 Surabaya, Juara 3 diraih oleh SMK Negeri 6 Surabaya, dan Juara 4 disandang oleh SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Terakhir, predikat Best Speaker disematkan kepada Lamtiar N.S.M. Nababan dari SMA Negeri 2 Surabaya. (hms)

 

The Leading Business and Banking School

WhatsApp 085895979800
Fax. 031-5935937
humas@perbanas.ac.id

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website