DES
30

Tingkatkan Pastisipasi Pemilih Milenial, KPU Surabaya Sosialisasi kepada Mahasiswa STIE Perbanas Surabaya

Senin, 30 Desember 2019     Dilihat: 972

STIE Perbanas Surabaya mendapatkan kesempatan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya dan Wartawan Foto Surabaya (WAFOS) untuk menggelar Sosialisasi Tatap Muka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya Tahun 2020. Bertempat di Auditorium Hall A Kampus 1 STIE Perbanas Surabaya, acara ini diikuti ratusan mahasiswa setempat. Kegiatan yang berlangsung pada Senin, 30 Desember 2019 ini merupakan rangkaian kegiatan KPU Surabaya dalam rangka sosialisasi khususnya bagi pemilih muda maupun pemula di kalangan mahasiswa.

Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., menyampaikan terima kasih karena bisa ikut serta memberikan pendidikan demokrasi pada mahasiswa di kampusnya. Pihaknya turut mengapresiasi konsep sosialisasi yang dikemas dalam bentuk Pameran Fotografi Pemilu oleh teman-teman WAFOS. ”Fotografi saya pikir itu sangat menarik bagi kita semua. Maka, dengan adanya foto ini kita bisa berdiskusi banyak hal tentang penyelenggaraan Pemilu,” kesannya.

Sementara itu, Komisioner KPU Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Subairi, S.Pd., mengatakan sosialisasi pemilu telah dialokasikan hingga 110 titik di Kota Surabaya. Sasarannya pun ditujukan kepada berbagai komunitas, hingga kalangan pemilih pemula. ”Tujuannya, kita ingin memberikan informasi tentang Pilwali Surabaya sudah jalan tahapannya. Hari ini sudah memasuki tahapan pencalonan perorangan dilanjut dengan rekrutmen PPK dan PPS yang berlangsung Januari 2020 nanti,” paparnya.

Pihaknya menjelaskan, kegiatan yang berlangsung di STIE Perbanas Surabaya saat ini merupakan salah satu sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan sosialisasi juga dikemas berupa gelar seni budaya, lomba cerdas cermat, mural, seminar, dan lain sebagainya. Subairi pun menegaskan hal yang melatarbelangi ini karena prosentase pemilih pemula tergolong tinggi. Keadaan itu membuat instansinya perlu untuk terus berkampanye dan sosialisasi tentang pemilu kepada pemilih pemula atau milenial. ”Mereka seakan-akan cuek, maka dari itu dengan sosialisasi ini harapannya mereka menjadi tergugah. Nantinya partisipasinya bisa mengalami peningkatan,” harapnya.

Mahasiswa STIE Perbanas Surabaya, Athala Asyifanaya mengaku acara sosialisasi diadakan oleh WAFOS ini sangat menarik dan bermanfaat. Menurutnya, informasi yang disampaikan sangat berguna oleh pemilih muda. ”Karena banyak pemilih baru yang awal-awalnya belum tahu cara nyoblosnya. Dan, kita menjadi tahu area mana saja yang dicoblos itu hangus atau tidak hangus,” kesannya.

Diketahui, acara ini semakin menarik antusiasme mahasiswa karena dikemas dengan kegiatan Pameran Foto dan Workshop Jurnalisme Pemilu. Para mahasiswa pun tertarik kesejumlah foto yang dianggap lucu karena petugas penyelenggara pemungutan suara berbusana dengan suasana superhero. (eko/humas)

 

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini