AGU
15

Inovasi Mahasiswa= ”TESABU Hair Mask” Berbahan Alami Buah dan Sayuran

Kamis, 15 Agustus 2019     Dilihat: 569

Bermula dari pengalaman pribadi, mahasiswi STIE Perbanas Surabaya mengalami kerusakan rambut karena penggunaan catokan. Rambutnya pun menjadi rusak karena panas sehingga mengakibatkan rambut kering dan bercabang. Akhirnya, kelima mahasiswi STIE Perbanas Surabaya berinovasi produk berupa masker rambut alami dari bahan minyak ikan, buah-buahan dan sayur-sayuran. Adapun kelima mahasiswa tersebut, yaitu: Koesma Malika Ika Kinasih, Elissa Qotrunnada, Aga Sinar Yustika, Melly Dwi Yanti, dan Destria Fara Adelia.

Produk berkemasan 250 gram ini bernama TESABU Hair Mask. Produk tersebut sudah mulai dipasarkan ke salon di berbagai daerah di Jawa Timur, di antaranya: Surabaya, Gresik, Tuban, hingga Pacitan. Mahasiswa inisiator Tesabu Hair Mask, Koesma Malika Ika Kinasih menerangkan produknya ini dibuat dari bahan alami, seperti: Merang, Minyak Ikan, Santan Kelapa, Yogurt, Lemon, Aloevera, Olive oil, Ekstra Kedelai, Madu, Coconut oil, seledri, daun mint, dan sejumlah varian produk lainnya.

Lebih lanjut, Koesma menjelaskan untuk membuat ini cukup sederhana. Mulanya bawang merah direbus dahulu dan diambil airnya saja. Kemudian, santan juga direbus dan didinginkan. Setelah dingin dan mengental dicampurkan bubuk kedelai, tepung jagung, daun mint, dan sejumlah bahan sesuai varian yang ditetapkan. ”Varian produk kami ini ada empat macam, yaitu Strawbery, alpukat, pisang, dan jambu biji,” terang mahasiswi Sarjana Manajemen itu.

Untuk meyakinkan produk yang dibuatnya ini aman digunakan, gadis berhijab ini telah melakukan uji laboratorium. Berdasarkan hasil uji laboratorium yang dikeluarkan, produk Tesabu Hair Mask ini mengandung vitamin A, Vitamin C, Vitamin B-1, protein, dan zinc. Bahan produk ini juga bisa bertahan cukup lama hingga 2-3 bulan setelah pembuatan. Setiap kemasan yang dibuat olehnya pun dijual seharga Rp 30.000,-

”Kami juga melakukan promosi ke salon-salon dan online melalui Instagram @tesabunaturalhairmask. Sejak Mei 2019, kami sudah menjual lebih dari 234 buah,” pungkasnya.

Sementara itu, Bella May Clarissa yang pernah mencoba produk Tesabu Hair Mask ini merasakan rambutnya terasa lebih lembut, lebih harum dan sehat. Bahkan, tidak memiliki kelebihan dari bahan alami sehingga menjadi lebih aman ketika memakainya secara rutin. ”Setelah saya mencoba beberapa produk lain, Tesabu Hair Mask ini memiliki bahan yang alami, sehingga jadi aman ketika saya memakai rutin,” akunya. (humas)

 

 

 

 

The Leading Business and Banking School