MEI
03

Dampingi Guru Sekolah Dasar Tulis Artikel Ilmiah

Rabu, 03 Mei 2017     Dilihat: 1429

Keterampilan menulis di Era Globalisasi bukan sekadar digunakan sebagai tuntutan, melainkan kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi diri. Terlebih di zaman serba digital ini, setiap orang bisa membuat tulisan-tulisan di media online. Lantas, bisakah mereka membuat tulisan dalam bentuk artikel ilmiah yang berdampak bagi masyarakat?

Sabtu, (3/5) bertempat di Kampus STIE Perbanas Surabaya, sedikitnya 25 guru Sekolah Dasar Kecamatan Sedati Sidoarjo sangat antusias mengikuti Pelatihan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Mereka praktik menulis karya Ilmiah secara langsung dengan didampingi instruktur profesional, yakni Dr. Djuwari, M.Hum., dan Kartika Marta Budiana, S.Pd., M.Pd.

Dalam kesempatan ini, para guru diajak untuk menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan. Nantinya, artikel ilmiah yang mereka tulis ini dipublikasikan dalam buku yang sudah ber-ISBN (International Standard Book Number). Jadi, tulisan artikel ilmiah para guru nantinya dapat digunakan sebagai referensi atau penunjang keprofesiannya sebagai seorang pendidik.

”Guru-guru ini kami bantu untuk membuat artikel ilmiah. Dalam pendampingan ini, kami memberikan solusi terkait kesulitan yang mereka hadapi saat menulis. Tujuan akhirnya nanti, artikel yang ditulis guru akan dipublikasikan dalam buku yang sudah memiliki ISBN,” papar Kartika Marta Budiana, S.Pd., M.Pd.

Sebelumnya, para guru ini juga sudah mendapatkan materi tentang penulisan karya tulis ilmiah di salah satu SD di Gugus 02 UPTD Sedati, Sidoarjo. Acara ini merupakan rangkain kegiatan Hibah IPTEK bagi Masyarakat (IbM) Dirjen Dikti Tahun 2017.

Salah satu peserta pelatihan, Alberta Indra, S.Pd. menuturkan acara ini sangat membantu para guru untuk menambah ilmu tentang penulisan artikel Ilmiah. "Ikut acara ini kami bisa tambah ilmu. Saya dulu juga pernah ikut pelatihan menulis semasa kuliah. Harapannya, untuk pelatihan penulisan artikel Ilmiah ini dapat meningkatkan kemampuan menulis guru sehingga bermanfaat di masa depan," harap Guru SD Semampir Sedati, Sidoarjo ini.

 

The Leading Business and Banking School

Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya
Kampus 2: Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya

Telp. 031-5947151, 031-5947152 WhatsApp 0858
95979800

Fax. 031-5935937 Email: humas@perbanas.ac.id

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini