APR
20

Mudahkan Dosen Susun Buku dan Laporan Kegiatan Tridharma

Kamis, 20 April 2017     Dilihat: 391

STIE Perbanas Surabaya melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) menyelenggarakan kegiatan bagi para dosen setempat guna membimbing mereka dalam publikasi penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bentuk jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional. Kegiatan bernama “Workshop Penyusunan Dokumen Panjang untuk Penyusunan Buku serta Proposal/Laporan Kegiatan Tridharma”ini diikuti lebih dari 30 dosen baik jurusan Manajemen, Akuntansi, maupun Ekonomi Islam. Bertempat di Ruang A 302 Kampus 2 STIE Perbanas Surabaya, pembelajaran tentang penyusunan dokumen panjang ini bertujuan untuk dapat mengolah data dan menyusun dokumen panjang dengan mudah dan cepat.

 

Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) STIE Perbanas Surabaya, Dr. Dra.Ec. Rr. Iramani, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, pelatihan kali ini dimaksudkan untuk membekali para dosen agar memahami tentang cara mengelola dokumen agar ke depan dapat meningkatkan jumlah publikasi jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bagi segenap dosen STIE Perbanas Surabaya. “Saya kira itu nanti mohon bapak/ibu dosen bisa mengikuti workhsop ini sampai selesai,” ajaknya kepada segenap peserta yang hadir dalam workshop, Kamis, (20/4).

 

Instruktur Pelatihan, Moch. Nurhadi, S.Kom., M.M.,menyampaikan 6 materi, antara lain: SectionStyleTable of ContentTable of FigureSituation itu untuk daftar pustaka, dan yang terakhir index, itu untuk membuat index buku supaya ketika kita sudah punya berbanyak halaman kemudian di akhir sebagai kamusnya mencari cepat bisa kita cari dengan index, biasanya untuk pembuatan buku.

 

Sementara itu, Djuwito, S.H., M.Hum.,selaku pendamping instruktur dalam pelatihan workshop, menambahkan tips dan trik bagaimana supaya menyusun dokumen panjang. Seperti, menyusun dokumen 500 halaman bisa terselesaikan dengan rapi dalam waktu 15 menit saja dengan menggunakan Multi Level Numbering.

 

Salah satu peserta, Rohmad Fuad Armansyah, S.E., M.Si., mengaku materi yang disampaikan oleh instruktur sangat bermanfaat terutama untuk pengolahaan dokumen. Dokumen-dokumen yang dimaksud, meliputi: penelitian, pengabdian masyarakat, laporan, bahkan untuk pembuatan buku itu sangat bermanfaat. (Eka.r)

The Leading Business and Banking School