APR
01

Siswa SMAN 8 Surabaya Belajar Pasar Modal di STIE Perbanas

Sabtu, 01 April 2017     Dilihat: 754

Pemahaman tentang pasar modal ternyata tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, para pelajar SMA pun bisa mempelajarinya. Mereka melakukan praktik simulasi trading saham dengan menggunakan aplikasi atau software. Hal inilah yang terlihat di Ruang Laboratorium Manajemen STIE Perbanas Surabaya, pada Sabtu, 1 April 2017. Puluhan siswa SMA Negeri 8 Surabaya mengikuti Pelatihan Pasar Modal Tingkat SMA dengan tema "Mengenal Pasar Modal dan Mekanisme Trading Saham".

 

Kepala Laboratorium Manajemen, Achmad Saiful Ulum, S.AB., M.AB. menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang Pasar Modal kepada masyarakat, khususnya pelajar tingkat SMA. Pasalnya, para investor harus paham tentang mekanisme investasi terlebih dahulu. ”Jika ingin berinvestasi, kita harus tahu tips dan trik menjadi seorang investor. Pada dasarnya, investor juga harus tahu risiko yang ada mengingat pergerakan Pasar saham bersifat fluktuatif sehingga kita punya strategi untuk mendapatkan deviden,” jelasnya.

 

Pihaknya menambahkan, setiap siswa dibekali modal sebesar 100 juta rupiah untuk berinvestasi kepada perusahaan yang sudah listing atau terdaftar di bursa efek Indonesia. ”Mereka (siswa) diberi keleluasaan untuk memilih perusahaan yang nantinya bisa meraih keutungan atau deviden. Jadi, siswa bebas membelajakan uang sepuasnya. Semua yang dilakukan oleh siswa dalam bentuk simulasi menggunakan software yang dimiliki oleh Laboratorium Manajemen,” imbuh Ulum.

 

Sementara, guru pedamping siswa SMA Negeri 8 Surabaya, Dra. Sukayati menyatakan pembelajaran ini cukup efektif diberikan kepada siswanya. Pihaknya menilai, pembelajaran teori dan praktik perlu diberikan secara seimbang mengingat siswa dituntut untuk memiliki pemahaman yang mendalam. ”Kami sebelumnya pernah ke STIE Perbanas Surabaya dengan materi akuntansi dan Pasar Modal. Harapannya, pelatihan ini nantinya dapat membantu siswa memahami tips dan trik melakukan investasi di Pasar modal,” harapnya.

 

Siswa kelas XI IPS 2 peserta Pelatihan, Anisa merasa pengetahuannya tentang investasi Di pasar Modal menjadi bertambah. "Penjelasan instruktur Pelatihan tadi sangat mudah dipahami. Kami juga diberitahu tentang perusahaan yang ada di Pasar modal. Jadi, pengetahuan kami menjadi tahu bagaimana cara melakukan investasi," pungkas Anisa.

 

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini