OKT
24

Mahasiswa STIE Perbanas Jadi Wakil Kopertis 7 Ikut Program PERMATA 2016

Senin, 24 Oktober 2016     Dilihat: 1666

Dalam rangka merealisasikan program kerja dan rencana strategis Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti tentang program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) tahun 2016, STIE Perbanas Surabaya menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta dari Kopertis 7 Jawa Timur yang mengikuti pertukaran mahasiswa dengan mahasiswa perguruan tinggi lain. Rencananya, mahasiswa STIE Perbanas sebanyak 10 orang ini akan mengikuti pertukaran mahasiswa selama semester gasal tahun 2016/2017 di perguruan tinggi lain, di antaranya: Institut Informatika & Bisnis Darmajaya Lampung, Universitas Pendidikan Nasional Bali, dan STIM Nitro Makassar.

Pada dasarnya, program PERMATA ini bertujuan untuk membangun dan memperkuat nasionalisme mahasiswa, meningkatkan komunikasi mahasiswa lintas perguruan tinggi dan lintas budaya, serta memberi kesempatan mahasiswa mengambil perkuliahan di perguruan tinggi yang memiliki keunggulan dan kekhasan keilmuan tertentu dengan bidang ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Sekretaris Pelaksana Kopertis 7 Jawa Timur, Prof. Dr. Ali Maksum, mengatakan program PERMATA ini baru kali ini diselenggarakan di perguruan tinggi swasta wilayah 7 Jawa Timur. Rencananya, tahun ini ada dua kampus yang mendapatkan kesempatan, namun hanya STIE Perbanas Surabaya yang sudah memiliki persiapan yang lebih matang. Jadi, kuota mahasiswa program PERMATA ini dipenuhi oleh mahasiswa dari STIE Perbanas saja.

”Kami mengapresiasi pihak STIE Perbanas Surabaya yang sudah siap menjalankan program PERMATA. Pertukaran mahasiswa ini menjadi pengalaman yang penting dalam membangun bangsa. Selain budaya, mahasiswa juga mendapatkan proses pembelajaran dari perguruan tinggi lain sehingga bisa mengisi waktu luang untuk hal-hal positif. Nantinya, mahasiswa program PERMATA ini akan mendapatkan kesempatan dari Kemenristekdikti untuk proses seleksi student exchange ke Cina dan Perancis,” jelas Prof. Dr. Ali Maksum saat memberi pengarahan kepada Mahasiswa Program PERMATA di STIE Perbanas Surabaya, pada Senin, (24/10).

Salah satu mahasiswa peserta program PERMATA, Selly Ayu Trisyana mengungkapkan rasa senangnya karena terpilih menjadi tim yang akan mengikuti pertukaran mahasiswa. Dirinya yang akan diberangkatkan ke Undiknas Bali pada awal November ini sudah mempersiapkan segala berkas maupun keperluan selama mejadi mahasiswa di sana. ”Event seperti ini sangat jarang, jadi saya tertarik untuk mengikuti program PERMATA tahun 2016. Akhirnya, saya diberi informasi oleh bagian kemahasiswaan bahwa saya terpilih sebagai peserta dan perasaan senang dan bangga pun turut menyelimuti diri karena nantinya pasti mendapatkan ilmu-ilmu serta pengalaman yang baru,” paparnya.

Sementara itu, Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Lutfi, SE. M.Fin., berharap kepada para mahasiswanya agar sungguh-sungguh dalam mengikuti program PERMATA 2016 ini. ”Dalam program ini, kalian akan berperan sebagai duta yang mewakili STIE Perbanas Surabaya. Harapannya, para mahasiswa ini dapat berasimilasi dengan budaya dari perguruan tinggi lain sehingga keunggulan-keunggulannya bisa dipelajari dan pengetahuan terkait hal-hal positif bisa bertambah,” harap dan pesannya kepada mahasiswa.

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini