JUN
25

Meniti Karir Account Officer Handal dan Profesional

Sabtu, 25 Juni 2016     Dilihat: 836

Sabtu, (25/6/2016) tepat pukul 09.00 WIB, mahasiswa Sarjana Manajemen yang menempuh mata kuliah Account Officer berbondong-bondong hadir di Auditorium Hall A STIE Perbanas Surabaya untuk mengikuti Kuliah Tamu bertema ”Tantangan dan Peluang Karir Profesi Account Officer”.

 

Pada dasarnya, Account Officer merupakan karyawan Bank yang bertugas mencari nasabah sesuai dengan kriteria yang diajukan Bank, menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan jumlah kredit yang diberikan kepada nasabah. Acara tersebut digelar sebagai pengganti kuliah pertemuan ke-14, bertujuan untuk memberikan edukasi dan gambaran detail mengenai teori dan praktik serta tantangan di lapangan untuk profesi Account Officer (AO).

 

Pada kesempatan ini, pemateri yang hadir dalam kuliah tamu adalah Branch Manager Citibank Surabaya, Bambang Soelistijono. Beliau juga memiliki riwayat sebagai AO di Bank Niaga yang sekarang berubah nama menjadi Bank CIMB Niaga. Selain itu, dirinya juga pernah mengajar di CABM STIE Perbanas Surabaya. Pihaknya turut berbagi pengalaman yang baik dan buruk serta trik-trik dan saran agar tidak  terkejut dengan realita yang dialami oleh profesi AO. Materi yang diberikan adalah mengenai Bank dan hal yang menyangkut Bank, seperti Bank yang memiliki banyak aturan, Bank yang sarat akan resiko, identik dengan Jasa dan Kepercayaan, Bank yang memiliki margin dengan kisaran 2-3%, persaingan yang ketat serta teknolohgi yang mendukung dunia perbankan.

 

“Bank merupakan industri yang banyak aturan, tidak cocok untuk pribadi yang suka kebebasan, mengapa seperti itu? Karena bank menyangkut hajat orang banyak. 88%  dana adalah bukan milik Bank, apabila salah kelola, dana masyarakat akan hilang, dan kita harus memiliki minimal 2 hal, yaitu mental siap berkompetisi dan kuasai bahasa asing, setidaknya bahasa inggris meskipun nasabah yang dihadapi adalah nasabah lokal,” tegas Bambang Soelistijono.

 

Selanjutnya, beliau menyampaikan materi mengenai alasankualitas SDM menjadi vital.  Pada sesi tanya jawab, mahasiswa Sarjana Manajemen, Dian Yuni Damayanti  menyatakan setuju bahwa SDM mempunyai pengaruh yang vital untuk dunia perbankan khususnya di bidang account officer, karena dunia perbankan salah satu hal yang penting adalah jasa atau pelayanan. ”Dalam hal ini yang berkaitan langsung dengan konsumen adalah orang-orang yang bekerja dari sisi manusia. Jika sumber saya manusia yang dimiliki berkualitas, maka akan berpengaruh siginifkan terhadap kinerja bank,” paparnya.

 

Materi pamungkas yang diberikan kepada mahasiswa sehingga menarik antusiasme mereka tentang AO dengan perannya, kualifikasinya, serta jenjang karirnya. Peran Account Officer, antara lain: sebagai penghubung bank dan nasabah, revenue generator, serta menjadi ujung tombak dan membawa nama baik suatu Bank di mata masyarakat. Sementara itu, kualifikasi seorang Account Officer, di antaranya: mampu bekerja secara tim, menyukai hal baru, bermental melayani, serta patuh karena tidak jarang AO yang pro nasabah sehingga peraturan bank dilanggar.

 

Selanjutnya, soal karir, Bambang Soelistijono  menjelaskan bahwa kandidat seorang manajer/pimpinan adalah mayoritas berasal dari profesi AO. Hal demikian bisa terjadi karena AO mengetahui secara meluas mengenai intern dan ekstern perbankan, khususnya mengenai kebutuhan nasabah. Untuk jenjang karir, AO berawal dari Team Leader (Kepala AO), Sales Manager, Pimpinan Cabang hingga pada Auditor. ”Jadi dapat disimpulkan AO adalah juru bicara bank dan untuk dapat melakukan tugasnya seorang AO harus mempunyai trik-trik untuk mengatasi rasa takutnya terutama terhadap target dan nasabah. Biasanya orang takut karena tidak tahu dan orang yang tahu akan lebih tenang. Seorang AO juga harus Smart Working dengan mencari peluang yang ada serta berupaya untuk memaksimalkan 25 hari kerjanya. Semoga kuliah ini bermanfaat dan kalian adalah teman saya, jika kalian ingin belajar banyak tentang AO, silahkan email ke saya” pungkas Bambang Soelistijono. (Denis/Eko)

 

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini