OKT
08

Terapkan Aplikasi Keuangan, Jadikan Bisnis UKM Berkembang

Sabtu, 08 Oktober 2016     Dilihat: 991

STIE Perbanas Surabaya tidak henti-hentinya mengabdikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat Indonesia agar memiliki daya saing dengan negara lain. Hal ini telah diwujudkan oleh kampus bisnis dan perbankan yang beralamatkan di Jalan Nginden Semolo 34-36 Surabaya melalui Kegiatan Pelatihan Sistem Akuntansi Keuangan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Sabtu, 8 Oktober 2016 di Ruang D207 kampus 1. Tujuannya, para UKM nantinya akan mendapatkan kemudahan dalam proses pembuatan laporan keuangan karena semuanya terintegrasi dalam satu aplikasi keuangan.

Kegiatan bertajuk pengabdian masyarakat ini diperoleh dari Hibah Strategi Nasional Kemenristek Dikti tahun 2016 dengan judul ”Pengembangan Model  Financial Inclusion Access (Fila) Dan Kompetensi Pemasaran Pada SDM Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Sementara intruktur pelatihan aplikasi keuangan ini adalah Muchlis, M.M.T. Lantas, UKM yang menjadi peserta dalam pelatihan ini, antara lain: UD. Ciwie Batik, CV. Arsy Akbar Resources, PT. Duta Karya Bersatu, Busihido Indonesia Printing dan Binding, Carica Homestay, Lembaga Belajar LIA Surabaya, CV. Citra B57, Koleksi Kikie, UKM Jas Hujan Sepatu, UKM Sepatu Kulit, dan lainnya.

Tim Penelitian penerima Hibah Strategi Nasional STIE Perbanas Surabaya, antara lain: Prof. Dr. Tatik Suryani, Psi., MM., Dr. Dra. Ec. Iramani, M.Si., dan Dra. Lindiawati, MM. Ketua Tim Penelitian, Prof. Dr. Tatik Suryani, Psi., MM., menuturkan kegiatan ini sangat berguna bagi Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola di UKM karena mereka akan terbantu dalam pembuatan laporan keuangan dengan aplikasi keuangan. Apabila para UKM ini sudah bisa mengoperasikan aplikasi keuangan dengan baik, nantinya pihak perbankan percaya terhadap laporan keuangan mereka. Berbekal kepercayaan ini, UKM dapat mengajukan pinjaman ke pihak perbankan dengan mudah sehingga nantinya bisnis mereka dapat berkembang pesat menggunakan sistem tersebut.

”Diharapkan kegiatan pelatihan Sistem Akuntansi Keuangan ini dapat menunjang kemampuan SDM yang ada di sejumlah UKM. Setelah mahir mengoperasikan aplikasi keuangan ini, kredibilitas mereka akan diakui oleh pihak perbankan untuk memperoleh pinjaman. Dengan pinjaman ini, mereka dapat mengembangkan usaha menjadi lebih maju sehingga mampu bersaing di pasar MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN),” harapnya.

Sementara, salah satu peserta perwakilan CV. Arsy Akbar Resources, Ani Widyawati, merasakan kebermanfaatan setelah mengikuti pelatihan tersebut. Pihaknya menjadi terbantu dalam membuat laporan keuangan meski usahanya di bidang Konsultan Pemasaran/Advertaising. ”Pelatihan ini mempermudah kami dalam menyusun laporan keuangan dalam bentuk neraca. Pasalnya, melalui aplikasi keuangan ini semua laporan sudah muncul menjadi satu dan efektif dalam pengerjaannya,” paparnya usai acara. (Robih/Eko)

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini