SEP
14

Good Corporate Governance for Banking

Rabu, 14 September 2016     Dilihat: 1232

Program studi Magister Manajemen STIE Perbanas Surabaya kembali menggelar acara Seminar Nasional dan Bedah Buku, pada Rabu, 14 September 2016. Bertempat di Ruang Auditorium Kampus 1 STIE Perbanas Surabaya, acara bertema “Good Corporate Governance” ini diikuti oleh ratusan mahasiswa setempat, baik dari program magister maupun sarjana. Pembicara yang dihadirkan adalah Director of PT. Mitra Cakrawala International, Dr. Robertus Maria Bambang Gunawan, SH., MM., M.Kn. Beliau juga menulis Buku berjudul GRC (Good Governance, Risk Management, and Compliance). Pada kesempatan itu, pembahas dari kalangan akademisi yang dihadirkan adalah Guru besar STIE Perbanas Surabaya, Prof. Dr. Suhartono, SE., MM., dan dipandu oleh Dr. Drs. Emanuel Kristijadi, MM.

 

Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Lutfi., SE., M.Fin., menyampaikan acara ini sangat bagus untuk memahami tata kelola perusahaan dalam mengantisipasi adanya sistem manejemen risiko. ”Melalui kesempatan ini mari kita menggali sejumlah komponen yang tepat untuk membuat sistem tata kelola perusahaan, khususnya di sektor perbankan untuk menetapkan sistem manajemen risiko. Pasalnya, pembicara sekaligus penulis buku GRC ini sudah memiliki pengalaman luar biasa tentang berbagai komponen yang terintegrasi menjadi tata kelola yang baik,” paparnya dalam sambutan.

 

Buku berjudul GRC (Good Governance, Risk Management, and Compliance) ditulis oleh Dr. Robertus Maria Bambang Gunawan, SH., MM., M.Kn., berdasarkan pengalaman pribadi dan temuan-temuan yang didapatkan selama bekerja dan menempuh pendidikan. Dia bercerita ketiga komponen (Good Governance, Risk Management, and Compliance) sangat menunjang dalam pengembangan bisnis, terlebih di bisnis perbankan sehingga nantinya mencapai target yang ditetapkan. Selain itu, sejumlah peraturan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengaturan dan pengawasan di sektor jasa keuangan, telah dirinya jelaskan dalam buku tersebut. ”Setelah pembaca memahami buku ini, nantinya diharapkan teman-teman bisa memiliki konsep bisnis secara komprehensif dan bisa menerapkan bisnis sesuai karakter masing-masing,” paparnya.

 

Sementara itu, dilihat dari pandangan akademisi, Prof. Dr. Suhartono, SE., MM., menilai Buku GRC sudah memiliki peranan penting dalam menjabarkan konsep perbankan sehingga menunjang pengetahuan para mahasiswa dengan konsentrasi perbankan. ”Bahkan, materi-materi yang dituliskan dalam buku ini bisa digunakan sebagai bahan diskusi di kelas oleh para mahasiswa,” jelas Prof. Dr. Suhartono, SE., MM.

 

Salah satu mahasiswa Magister Manajemen angkatan XX, Sapto (pejabat Bank BCA) turut mengapresiasi penerbitan buku GRC. Pihaknya turut berpendapat di dalam buku tersebut perlu memaparkan metodologi yang dijadikan parameter untuk mengukur sistem manajemen risiko. Lantas, Dr. Drs. Emanuel Kristijadi, MM., selaku moderator menyimpulkan bahwa metodologi yang digunakan untuk parameter manajemen risiko itu tidak bersifat statis tetapi dinamis karena hal itu disesuaikan dengan kondisi masing-masing. (Eko)

 

 

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini