AGU
22
Manfaatkan Teknologi AR, Dosen UHW Perbanas Bantu Majukan Usaha Katering di Surabaya
Jumat, 22 Agustus 2025
Dilihat: 233

Ketua Tim Dosen UHW Perbanas, Ellen Theresia Sihotang, S.E., M.BA., menjelaskan bahwa permasalahan utama UMKM Dian Katering yang ditemuinya adalah bidang pemasaran dan manajemen. ”Pemasaran yang dilakukan belum memanfaatkan teknologi digital, baik pada kemasan maupun promosinya. Dampaknya omzet belum maksimal,” terangnya di sela pelatihan pada Jumat Sore (22/8) di Perpustakaan UHW Perbanas.
Lanjut Ellen, selama ini dalam bidang manajemen terkait pemesanan produk di katering tersebut masih tercatat secara manual sehingga pada praktiknya menimbulkan miskomunikasi. ”Dari itu, kami menghadirkan teknologi visualisasi menggunakan Augmented Reality (AR). Dengan adanya gambar atau visualisasi ini maka komunikasi lebih mudah karena bisa dilihat dan dijelaskan sehingga pada prosesnya ada efisiensi waktu,” tambahnya.
Sementara inovasi pada kemasan, logo “Dian Kareting” dapat di-scan dengan smartphone yang terinstal aplikasi AR. Nantinya muncullah informasi beragam menu yang mudah diakses oleh calon pelanggan. ”Lalu, pada pencatatan keuangan yang masih manual, kami juga bantu menghadirkan aplikasi sederhana dan terintegrasi berupa Excel for Accounting atau EFA. Dampaknya mempercepat penyusunan laporan keuangan yang manfaatnya bisa memudahkan peminjaman dana atau pelaporan pajak,” jelasnya.
Untuk diketahui, program pengabdian kepada masyarakat ini didukung oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (Kemenditisaintek) Tahun 2025. Adapun tim dosen UHW Perbanas yang terlibat, antara lain: Ellen Theresia Sihotang, S.E., M.M., Dr. Putri Wulanditya, S.E., M.Ak., CPSAK., dan Haekal Ridho Afandi, S.ST., M.Sn. Rangkaian kegiatan diawali dengan beragam pelatihan, mulai Edukasi Digital, Pemasaran Digital, Inovasi Kemasan, Pelatihan Rancang EFA, Pelatihan desain visual kartu menu hingga pemberikan alat masak.
Pemilik “UMKM Dian Katering”, Dian Rachmawati mengakui materi yang diterima merupakan hal baru baginya. Lalu, aktivitas digital marketing juga bisa diterapkan pada usahanya agar semakin dikenal melalui konten media sosial. ”Ternyata banyak ide-ide yang diterima untuk usaha kami. Ke depannya, bisa diadakan latihan-latihan lagi agar usaha katering kami bisa lebih berkembang dan maju,” harapnya. (eko/hms)


