APR
24

Leche Fruita, Inovasi Baru Nikmati Produk Susu

Minggu, 24 April 2016     Dilihat: 1129

Di kalangan masyarakat, produk susu bukanlah hal yang baru lagi untuk dikenal dan dikonsumsi. Pasalnya, sejumlah penduduk Indonesia pernah mengonsumsi susu dalam bentuk minuman maupun dicampur dengan bahan makanan lain. Pernahkah Anda mengonsumsi susu setelah melalui proses penggorengan? Kalau belum, Anda perlu mengenal produk makanan Leche Fruita (susu goreng). Lantas, apa produk makanan Leche Fruita itu?

 Mahasiswa semester akhir STIE Perbanas Surabaya telah menemukan inovasi baru untuk menikmati susu. Mereka tercatat sebagai mahasiswa S1 Manajemen Pemasaran, yaitu: Andhika Persada Putra, Mei Dina Prasetyani, dan Hendy Himawan Enonto. Gagasan produk Lache Fruita ini bermula dari posting-an tentang kuliner susu goreng di akun media sosial facebook. ”Mengingat susu goreng belum familiar di kalangan masyarakat, kami mencoba mengkreasikan produk tersebut dengan tampilan dan cita rasa yang berbeda. Akhirnya, diputuskanlah produk Leche Fruita atau susu goreng dengan irisan jeruk,” jelas Andhika kepada tim redaksi beberapa waktu lalu.

Ketua tim produk Leche Fruita, Mei Dina Prasetyani memaparkan proses pembuatan makanan tersebut cukup sederhana dan mudah. ”Telebih dahulu, kita mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan, antara lain: Susu full cream (cair), Tepung Terigu, Tepung Maizena telur, tepung roti, gula, minyak goreng, dan jeruk. Proses awalnya, dibuatlah adonan dari sejumlah bahan tersebut dan dibekukan di dalam freezer selama + 24 jam. Setelah itu, dikeluarkanlah adonan yang sudah beku tersebut dan dipotong seukuran risoles. Potongan tersebut dilumuri telur dan tepung roti, selanjutnya digoreng dengan suhu di bawah 45 derajat celcius. Jadilah makanan Leche Fruita untuk dikonsumsi sebagai cemilan maupun desserts (makanan penutup-red),” terang Mei Dina secara rinci.

Usaha dan kerja keras yang mereka lakukan akhirnya membuahkan hasil yang cukup membanggakan dan patut diperhitungkan gagasannya. Sebab, dalam ajang Perbanas Entrepreneur Awards (PEA) 2016, mereka berhasil meraih juara I dari puluhan peserta yang mengukuti. Piala dan penghargaan pun mereka terima langsung dari Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Lutfi, SE, M.Fin. Mereka mengaku sempat kaget, tidak percaya, bahkan mlongo, mendengar pembacaan para pemenang dalam kompetisi tersebut.

Rencananya, produk Leche Fruita ini akan diproduksi dalam bentuk frozen food (makanan beku). Namun, sejauh ini mereka masih terkendala dalam proses produksi karena mereka masih sibuk dalam perkuliahan sehingga belum ada waktu untuk produksi. Untuk mengisi sela-sela waktu saat kuliah, mereka mencoba memvariasikan dengan cita rasa yang lain. ”Kami juga akan mempersiapkan uji laboratorium terkait kandungan nutrisi maupun gizi serta ketahanan makanannya. Diharapkan, setelah selesai kami kuliah nanti, produk makanan kami juga sudah siap diproduksi dalam partai besar,” tambah Hendy.

 

Ke depan, mereka telah merencanakan untuk mengembangkan produk makanan Leche Fruita dengan cara dipromosikan melalui akun media sosial, salah satunya instagram. Selain itu, mereka ditawari join-an dengan orang lain untuk mendirikan depot makanan yang memasukan produknya sebagai salah satu menu desserts-nya. ”Semoga harapan kami ini dapat terwujud dan sukses dalam menjalankan usaha. Bermodalkan ilmu yang kami terima di STIE Perbanas Surabaya, kami akan mencoba berwirausaha sehingga lulusan almamater kami nantinya tidak kesulitan mencari kerja tetapi mudah menciptakan lapangan kerja,” tegasnya. (Eko)

The Leading Business and Banking School



Dapatkan Informasi Disini