Sarjana Akuntansi

JUN
22

Banyak Prestasi Diraih, Robih Jadi Wisudawan Terbaik

Sabtu, 22 Juni 2019     Dilihat: 222

STIE Perbanas Surabaya kembali menyelenggarakan Wisuda untuk Program Studi Magister Manajemen (MM), Sarjana (S1), dan Diploma 3 (D3). periode I tahun 2019, pada hari Sabtu, 22 Juni 2019 pukul 08.30 WIB. Bertempat di Vasa Hotel Surabaya Jl. Mayjen HR. Muhammad No.31, Putat Gede, Surabaya, wisuda kali ini menjadi menjadi wisuda angkatan pertama untuk program studi Sarjana Ekonomi Syariah.

Berbicara tentang wisudawan terbaik, pada kesempatan ini datang dari wisudawan berasal dari SMA Negeri 1 Sumenep. Sosok pria bernama lengkap Robih Salam Rahmatullah mendapatkan predikat sebagai wisudawan terbaik bukan tanpa alasan. Selama kuliah, wisudawan kelahiran Sumenep, 29 April 1997 ini merupakan anak penerima beasiswa penuh. Selain itu, lelaki yang akrab dipanggil Robih ini pernah berkesempatan untuk Short Course di Utrecht University The Netherlands melalui Summer School Program. Dirinya pun mengikuti kegiatan tersebut dari program beasiswa Transfair Academic Awards tahun 2018, yakni bentuk kerja sama STIE Perbanas Surabaya dengan Transfair Foundarion Belanda.

Di samping itu, putra pasangan Moh. Erfan, S.Pd. dan Titik Yuliasih, S.Pd., ini juga memiliki segudang prestasi membanggakan selama di bangku kuliah. Adapun prestasi yang pernah diraihnya, antara lain: (1) Juara 1 Battle and Lead In Accounting Compatetition (BALANCE) tingkat nasional yang diselanggarakan oleh Universitas Islam Indonesia tahun 2018; (2) Juara 1 Accounting Championship tingkat nasional yang diselanggarakan oleh Universitas Jember tahun 2018; (3) Juara 1 Pekan Ilmiah Akuntansi tingkat nasional yang diselanggarakan oleh Universitas Jenderal Soedirman tahun 2018; (4) Juara 1 Internal Accounting Competition yang diselanggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Perbanas Surabaya tahun 2018; (5) Juara 2 Competition of Accounting: National Level yang diselanggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Perbanas Surabaya tahun 2018; (6) Juara 2 Maksi Accounting Competition tingkat nasional yang diselanggarakan oleh Universitas Gadjah Mada tahun 2018; (7) Juara 2 Accounting Paper Competition Tingkat Regional yang diselanggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Perbanas Surabaya tahun 2018;  dan masih banyak lainnya.

Ditemui usai wisuda, dirinya pun menyampaikan sering mengulang pelajaran di kampus setelah selesai perkuliahan. “Saya sering mengulang pelajaran yang diajarkan di kampus. Kalau pulang, saya pelajari lagi,” ungkapnya. Kini, lulusan Sarjana Akuntansi ini sudah mendapatkan kerja sebagai Accounting Staff di perusahaan Food And Beverage PT. Selaras Husada.

Sementara itu, Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., mengakui kampus yang dipimpinnya saat ini turut mempedulikan anak kurang mampu untuk berkuliah melalui Program Beasiswa. Pemberian Beasiswa ini runtin diberikan setiap tahun kepada sejumlah mahasiswa. Hal ini selaras dengan cita-cita bangsa Indonesia untuk mencerdaskan anak bangsa di bidang pendidikan.

Perlu diketahui, Wisuda Periode I tahun Juni 2019 ini  terdapat 430 lulusan yang diwisuda, terdiri dari 6 dari Program Studi (Prodi) Magister Manajemen, 164 dari Prodi Sarjana Akuntansi, 212 dari Prodi Sarjana Manajemen, 42 dari Program Sarjana Ekonomi Syariah, 2 dari Program Diploma Akuntansi dan 4 dari Program Diploma 3 Perbankan dan Keuangan. Rata-rata IPK lulusan Pascasarjana 3.77, Sarjana Manajemen 3.50, Sarjana Akuntansi 3.48, Sarjana Ekonomi Syariah 3.68, Diploma 3 Akuntansi 3.13, dan Diploma Perbankan & Keuangan 3.13. Secara umum persentase jumlah mahasiswa  yang lulus dengan IPK di atas 3,00 sebesar  93.7% dan 232 orang memperoleh predikat Cumlaude.

Kemudian, nama-nama wisudawan terbaik dari setiap prodi, yakni: Agnes Apriani Diaz, S.E., (Prodi Magister Manajemen), Robih Salam Rahmatullah (Prodi S1 Akuntansi), Rachel Reyka Agapsta (Prodi S1 Manajemen), dan Tanza Dona Pertiwi (Prodi S1 Ekonomi Syariah). Kemudian, Wisudawan Terbaik dari seluruh prodi akhirnya diraih oleh Robih Salam Rahmatullah dengan perolehan IPK sebesar 3,95.

Keputusan wisudawan terbaik tersebut tentu berdasarkan berbagai kriteria yang sudah ditetapkan oleh kampus. Di antaranya: IPK tertinggi di antara semua lulusan pada masing-masing program studi, Ujian skripsi/LKP lulus pada ujian utama (tanpa mengulang), tidak pernah melakukan pelanggaran akademik, berprestasi akademik maupun nonakademik, dan aktif berkegiatan organisasi mahasiswa. (Ek0

The Leading Business and Banking School