Online Car Branding: Gaya Baru Industri Periklanan di Indonesia
Promosi merupakan salah satu bauran pemasaran yang tidak boleh diabaikan oleh perusahaan dalam rangka pemasaran produk maupun jasanya. Promosi merupakan suatu langkah dimana perusahaan berusaha mengkomunikasikan produknya kepada masyarakat sehingga masyarakat yang juga merupakan target pasar dari produk tersebut bisa mengenal, mengevaluasi dan pada akhirnya menggunakan produk tersebut. Sebagus apapun produk tersebut diproduksi oleh perusahaan, jika fungsi promosi yang dilakukan tidak berjalan dengan baik maka kemungkinan produk tersebut dikenal dan digunakan sebagai alternatif pilihan oleh target pasar juga semakin kecil. Oleh karena itu, promosi memiliki posisi penting dalam proses pemasaran suatu produk kepada target pasar. Maha guru pemasaran Philip Kotler menyebutkan terdapat lima bauran promosi yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam rangka memaksimalkan kegiatan promosinya yaitu periklanan (advertising), hubungan dengan masyarakat (public relation), penjualan persolan (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), penjualan langsung (direct marketing).
Diantara salah satu bauran pemasaran tersebut, periklanan atau advertising menjadi satu hal yang menarik untuk kita bahas lebih lanjut. Kalau kita cermati bersama bahwa perkembangan periklanan berbanding lurus dengan perkembangan teknologi . Selain itu, perkembangan saluran periklanan pun memiliki kecenderungan linier dengan perubahan perilaku masyarakat. Sebelum berkembangnya teknologi digital seperti saat ini, saluran periklanan masih terbatas pada media-media seperti radio, televisi, koran, majalah, tabloid, baliho, billboard dan lain sebagainya karena memang media tersebut menjadi pilihan utama masyarakat dalam mencari informasi. Tarif beriklan pada media-media tersebut juga terbilang tinggi sehingga hanya perusahaan-perusahaan besar dengan kapitalisasi yang besar yang dapat memanfaatkan saluran periklanan tersebut. Namun, kondisi saat ini dengan kehadiran teknologi, saluran periklanan telah berkembang sedemikian rupa. Salah satu saluran periklanan yang sedang berkembang adalah online car branding yang mulai marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk media beriklan. Meskipun saluran periklanan seperti televisi, koran, majalah, tabloid, baliho, billboard dan sebagainya masih digunakan oleh banyak perusahaan sebagai media periklanan, online car branding menawarkan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi untuk memberikan nilai tambah kepada perusahaan yang beriklan. Online car branding dilakukan dengan menempelkan stiker non permanen suatu produk tertentu pada badan mobil yang digunakan berkendara untuk menjangkau jarak tertentu di suatu wilayah.
Online car branding menawarkan pilihan beriklan yang efektif dan efisien kepada perusahaan yang beriklan. Sesuai dengan karakteristik tampilan periklanannya, online car branding dapat kita bandingkan dengan iklan di media billboard. Jika dibandingkan dengan billboard, online car branding menawarkan harga yang jauh lebih murah dengan tingkat visibilitas yang jauh lebih luas karena sifatnya yang dinamis. Hal tersebut berbeda dengan billboard yang sifatnya statis pada tempat-tempat strategis tertentu di suatu wilayah sehingga visibilitas atas iklan yang ditampilkan terbatas pada orang yang melalui suatu wilayah dimana billboard tersebut berada. Selain itu, ketika beriklan melalui media billboard, berapa jumlah target pasar yang melihat iklan kita tidak dapat diketahui secara kuantitatif karena memang sejauh ini belum ada alat untuk mengukur hal tersebut. Namun, online car branding dengan memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System) dan perangkat lunak lainnya dapat mengukur efektifitas iklan. Pengiklan dapat memantau kinerja iklan secara real-time pada layar monitor smartphone untuk mengetahui kemana saja mobil bergerak, berapa kilometer mobil tersebut telah berjalan, berapa kali iklan tersebut terlihat oleh target pasar (impression), dan berapa biaya iklan saat itu harus dikeluarkan oleh perusahaan dapat ditampilkan secara lengkap. Bahkan, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, online car branding berkembang sedemikian rupa dengan tidak hanya menempatkan iklan dengan stiker di bodi mobil tetapi ada juga yang menggunakan LED monitor layaknya videtron yang dapat menampilkan visualisasi iklan yang berganti sesuai dengan keinginan pengiklan.
Di Indonesia, perkembangan online car branding tidak terlepas dengan perkembangan transportasi online di Indonesia khususnya jenis mobil. Dengan pembagian keuntungan yang relatif menjanjikan, banyak mitra dari transportasi online juga memanfaatkan mobil mereka sebagai car branding untuk produk-produk tertentu. Gaya baru beriklan di Indonesia dengan menggunakan online car branding tampaknya akan mengalami perkembangan yang signifikan dan bisa menjadi industri yang menjanjikan keuntungan. Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi, keuntungan pada insdutri periklanan tidak hanya dinikmati oleh perusahaan-perusahaan agensi periklanan namun bisa dinikmati oleh setiap masyarakat yang memiliki kendaraan dan menangkap peluang tersebut. Selain itu, online car branding bisa menjadi salah satu solusi alternatif bagi pebisnis pemula sebagai tempat beriklan yang efektif, berdampak luas, terukur namun dengan harga yang relatif terjangkau.
Penulis: Abu Amar Fauzi, SS., MM.