SEP
18

Candidacy Visit IACBE= 4 Empat Prodi FEB UHW Perbanas Siap Akreditasi Internasional

Senin, 18 September 2023     Dilihat: 1930

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas dipercaya Kemdikbudristek untuk mencapai Akreditasi Internasional. Berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Proposal Program Bantuan Fasilitasi Program Studi untuk Mendapatkan Akreditasi Internasional Tahun 2023, ada 4 prodi yang didorong, antara lain: S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Syariah, dan S2 Manajemen.

Kepala Pusat Penjaminan Mutu UHW Perbanas, Dr. Luciana Spica Almilia, S.E., M.Si., mengatakan bahwa keanggotan akreditasi internasional kampusnya sudah diikuti sejak tahun 2021. Yaitu, Educational membership International Accreditation Council for Business Education (IACBE). “Tahap kedua ini adalah Candidacy Accredited. Maksudnya, sebelum terakreditasi itu apakah sudah siap atau tidak sebagai perguruan tinggi atau program studi yang terakreditasi internasional. Selanjutnya nanti barulah akreditasi,” terangnya disela Candidacy Visit di UHW Perbanas Kampus Wonorejo, Senin (18/9).

Lanjut Luciana, akreditasi internasional IACBE ada dua kali site visit, pertama site visit kandidat untuk terakreditasi dan yang kedua site visit untuk akreditasi. Pada tahapan site visit kandidat, pihaknya melakukan proses perbaikan form kandidat. Hal itu dilihat dari kurikulum, dosen, hingga fasilitas yang dimiliki. “Kalau ini dilihat memenuhi kadindat akreditasi internasional maka tahap berikutnya adalah proses akreditasi internasional,” tambahnya.

Sementara itu, feedback yang didapatkan dari akreditasi internasional ini adalah perbaikan penyusunan kurikulum, salah satunya berupa student learning outcome yang sudah disetarakan dengan kebutuhan internasional. ”Kalau tercapai akreditasi internasional, harapannya adalah level dari capaian pembelajaran lulusan juga diakui secara internasional. Yang penting masing-masing mata kuliah itu selaras dengan capaian yang distandarkan oleh IACBE selaku pemberi akreditasi internasional,” jelasnya.

Untuk diketahui, proses hari ini adalah visitasi kandidat yang dihadiri langsung oleh mentor dari IACBE, Dr. Laurie Yates. Bahkan, beberapa waktu sebelumnya UHW Perbanas sudah mengirimkan dokumen untuk site visit kandidat.

”Setelah mengirimkan dokumen maka di-review dan kami diberi waktu satu bulan untuk merevisi. Nanti, setelah itu pada bulan November atau Desember ini barulah mendapatkan keputusan apakah sudah bisa memperoleh candidate accredited IACBE,” pungkasnya. (hms/eko)

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: humas@perbanas.ac.id atau humas@hayamwuruk.ac.id

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini