JAN
31

Inovasi 2023= Mahasiswa Informatika UHW Perbanas Ciptakan Tempat Sampah Cerdas

Selasa, 31 Januari 2023     Dilihat: 2416

Mahasiswa Universitas Hayam Wuruk Perbanas turut berpartisipasi menyadarkan masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Cara yang mereka lakukan dengan menciptakan produk berupa Tempat Sampah (TESSA) Cerdas. Produk karya Mochammad Vaif Dwi Alifkhan dan Vanessa Meilisa Lantang tersebut dilengkapi dengan teknologi Arduino yang membuat tutup tempat sampah terbuka otomatis dan mengeluarkan suara.

”Inovasi ini keunikannya ada pemanfatan sensor. Jadi, saat ada benda atau apa pun di depan TESSA ini, tutupnya membuka dan menutup otomatis. Teknologinya berguna bagi orang-orang yang merasa jijik membuka tutup tempat sampah," jelas Vaif pada Selasa, (31/1).

Untuk menarik perhatian orang, tempat sampah cerdas karya mahasiswa S1 Informatika UHW Perbanas juga mengeluarkan suara dan bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya. ”Tempat sampah kami ini muncul suara ”Selamat Datang” saat ada objek yang didekatnya dan kembali menutup dengan suara pengantar “Terima kasih, semoga harimu indah”,” terangnya.

Vanessa pun menambahkan, tempat sampah yang dibuatnya dilengkapi dengan LCD Indikator. Alat itu berfungsi untuk mengetahui persentasi isi sampah. "LCD yang dipasang, kita bisa melihat persentase isi sampah di dalamnya. Persentasenya akan naik mengikuti banyaknya sampah, dari 25 persen, naik 50 persen hingga 100 persen waktunya sampah untuk dibuang," tambah Vanessa.

Pada tahap awal ini, inovasi yang mereka buat untuk tempat sampah ukuran 5 liter yang didukung daya listrik dari power bank. ”Ke depan, kami akan sempurnakan dengan kapasitas yang lebih besar. Untuk daya pun bisa memanfaatkan panel surya dari energi sinar matahari,” harap mahasiswi semester 3 itu. (eko/hms)

 

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: humas@perbanas.ac.id atau humas@hayamwuruk.ac.id

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini