Pejabat Struktural Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

DES
22

KULIAH TAMU PASAR DAN INSTRUMEN KEUANGAN

Kamis, 22 Desember 2022     Dilihat: 2157

[Kuliah Tamu Diploma III Perbankan dan Keuangan] 

Mengangkat Tema Kemerdekaan Finansial dan Dompet Digital sebagai revolusi dari pembayaran secara digital yang sedang digaungkan oleh beberapa elemen masyarakat bahwasannya Financial Freedom atau merdeka finansial diartikan sebagai sebuah kondisi di mana seseorang terbebas dari segala jenis utang, memiliki penghasilan pasif yang bisa mencukupi kebutuhan hidup, terlindungi secara finansial dari seluruh risiko, dan tidak lagi pusing ketika harus mengeluarkan uang untuk bersenang-senang. 

Untuk merealisasikan kemerdekaan finansial, kita semua wajib memiliki perencanaan keuangan yang baik. Namun, perencanaan keuangan tidak pernah diajarkan di sekolah maupun bangku kuliah. Karena itu, gak semua orang memiliki edukasi yang baik seputar hal satu ini.

Yang pertama adalah fase ketergantungan, yaitu fase awal di mana seseorang masih bergantung pada orang lain untuk hidup, kemudian yang kedua dilanjutkan dengan fase solvency, ketika seseorang sudah memiliki penghasilan karena baru masuk dunia kerja. Tahapan ketiga, ada fase stabilitas, yakni ketika keuangan seseorang sudah mulai stabil. Di fase ini, seseorang menerima penghasilan yang lebih tinggi dan bisa menabung dengan dana yang lebih banyak, memiliki asuransi kesehatan, serta memiliki dana darurat yang cukup. 

Meski masih kuliah, dapat memulai menabung uang jajan dari orangtua atau hasil kerja sampingan. Selain itu, kamu juga harus memerhatikan inflasi. Rumus mudahnya, cari tabungan yang lebih tinggi dari tingkat inflasi di Indonesia sendiri. 

 

(Yonan Wahyu/FEB 2022)

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: humas@perbanas.ac.id atau humas@hayamwuruk.ac.id

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini