Program Studi Desain Komunikasi Visual

JUN
25

Lukisan Mahasiswa DKV UHW Perbanas dipajang di Artpreneur & Plantpreneur Art Exhibition

Sabtu, 25 Juni 2022     Dilihat: 2720

Pada Senin 20 Juni 2022 - Mahasiswa Prodi DKV Universitas Hayamwuruk Perbanas Surabaya tengah disibukkan dengan turut hadir dalam Pembukaan Pameran Artpreneur & Plantpreneur Art Exhibition di area Linier Atrium Ciputra World Surabaya. Pameran yang mengusung kolaborasi antara pengusaha di bidang seni & tanaman. Kegiatan ini berlangsung mulai Senin (20/6) hingga Minggu (26/6/2022).

Dalam  kegiatan tersebut juga digelar berbagai rangkaian seperti pameran seni, music performance, hingga acara serasehan seni bersama Khusnul Bahri sebagai seorang pelaku seni lukis etnik yang juga Pengurus Dewan Pertimbangan IKASRD Unesa. Kegiatan pameran kolaborasi seperti ini seperti yang disampaikan oleh Fahril Alvin selaku pencetus ide artpreneur.rek tidak bisa lepas dari pola perkembangan tren yang berpengaruh pada pelaku ekonomi kreatif yang turut bergeser seperti era sekarang ini, dimana industri kreatif tak terbatas pada kegiatan bisnis saja melainkan juga bergabung dengan segala aspek termasuk seni seperti pameran yang berlangsung sekarang ini.

Pameran yang merupakan paduan antara tanaman & lukisan ini dikolaborasikan tepat di tengah area pameran dengan menampilkan 31 lukisan dari 17 pelaku seni lukis. Dengan mengusung tema “botanical & industry kreatif” para seniman menghadirkan lukisan warna-warni pada dimensi kanvas 30x30 cm. Diantara 17 pelaku seni tersebut, 10 diantaranya adalah karya lukis dari mahasiswa prodi S1 DKV Universitas Hayamwuruk Perbanas Surabaya. Tidak hanya melukis diatas media kanvas saja, model lukisan dari karya-karya mahasiswa DKV – UHW Perbanas Surabaya juga disematkan teknologi didalamnya, berupa augmented reality decoding ke dalam suatu aplikasi bernama “Artivive”. Menghasilkan suatu karya dengan objek lukisan yang bergerak animatif dengan metode membuka karya melalui aplikasi pihak ketiga Artvive di smartphone dengan bantuan kamera ponsel yang disorotkan ke lukisan yang sudah didaftarkan ke Artvive terlebih dahulu, dimana pengguna perlu untuk memasang aplikasi Artvive sebelum membaca karya lukis tersebut.

  

Salah satu mahasiswa mengungkapkan jika kegiatan seperti ini dirasa menyenangkan & cukup menghibur ditengah padatnya jadwal & tugas perkuliahan di semester awal. Terlebih dalam kegiatan pameran ini didukung oleh Tim dosen DKV sebagai bentuk aplikasi & apresiasi seni dari salah satu mata kuliah Gambar Bentuk di semester 2 prodi DKV - UHW Perbanas Surabaya, yang mana mahasiswa DKV diharapkan sudah mulai terbiasa untuk turut berkontribusi dalam berbagai kegiatan seni & desain sebagai bentuk pelatihan hardskill & softskill mereka dalam suatu acara pameran. Dengan demikian mahasiswa DKV - UHW Perbanas Surabaya tidak hanya disibukkan dengan kegiatan berkarya dikampus melainkan juga turut ambil bagian untuk dapat berkarya diluar kampus, sehingga melatih kepekaan mereka terhadap suatu karya seni & desain secara nyata.

Selaku dosen mata kuliah Gambar Bentuk, Thomas Hanandry D, ST,. MT menginisiasikan jika mahaiswa DKV yang sudah berjalan hingga semester 2 ini, dengan bekal kemampuan mereka pada semester sebelumnya tentang dasar-dasar ilmu DKV baik teori & praktek mulai dari garis, warna, bentuk, proporsi, penggunaan material bahan baku karya seni, dll sudah mulai harus terbiasa dengan merancang karya yang aplikatif tidak hanya untuk keperluan tugas melainkan untuk menambah bekal portofolio mereka yang nantinya akan sangat berguna ketika mereka sudah lulus dari prodi S1 DKV – UHW Perbanas Surabaya. (miftaadi/dkv)

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: humas@perbanas.ac.id atau humas@hayamwuruk.ac.id

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini