FEB
13

Manfaatkan E-Rumbel, UHW Perbanas Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Anak Surabaya

Monday, 13 February 2023     View: 2254

Rumah Belajar (Rumbel) Akbar menggandeng Universitas Hayam Wuruk Perbanas tingkatkan kompetensi bahasa asing. Hal itu diberikan kepada anak-anak di lingkungan Kedungturi II RT 02 RW 08 Tegalsari Surabaya. Mereka diajari tentang kemampuan berbahasa Inggris mulai tingkat dasar dengan berbagai metode pembelajaran.
Ketua Tim Pengabdian Dosen UHW Perbanas, Kartika Marta Budiana, S.S., M.Pd., mengatakan pasca pandemi covid 19, para siswa di Rumbel Akbar mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran, terlebih untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. ” Nilai Bahasa Inggris anak-anak di sana berada di bawah rata-rata kelas. Anak-anak tidak tertarik hadir di Rumbel Akbar untuk belajar bahasa Inggris karena metode pembelajaran masih bersifat ceramah dan menggunakan alat peraga yang kurang interaktif,” papar Marta di konfirmasi pada Senin, (13/2).

Lanjut Marta, pihaknya bersama tim hadir untuk menawarkan solusi metode pembelajaran dilakukan secara luring dan memanfaatkan teknologi informasi. “Anak-anak nanti tetap bisa belajar dengan mudah dengan fasilitas gadget. Namun, mereka tetap berada dalam pengawasan relawan pengajar UHW Perbanas,” tambahnya. 

Dari sisi teknologi, Tim Dosen UHW Perbanas mengimplementasikan metode pembelajaran bahasa Inggris menggunakan audio visual dan bersifat digital. ”Bila sewaktu-waktu para siswa lupa, mereka dapat mengulang kembali materi pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan gadget. Bahkan, pelaksanaan edukasi bahasa Inggris di Rumbel Akbar, kami lakukan secara privat,” rincinya. 

Di samping itu, Rumbel Akbar sekarang juga sudah meng-update proses pembelajaran dengan memanfaatkan e-Rumbel yang diakses di laman https://sites.google.com/view/rumahbelajarakbar. Hariadi Yutanto, S.Kom., M.Kom., selaku IT Program UHW Perbanas menjelaskan media e-Rumbel yang tersedia dimanfaatkan untuk akses materi, pengerjaan tugas, hingga latihan yang dilakukan siswa di rumahnya masing-masing. ”Sejumlah materi yang disampaikan saat luring masih dapat diakses oleh anak-anak di rumahnya. Kemudian, orang tua juga ikut berperan penting dalam memotivasi anak-anak mereka untuk belajar di Rumbel AKBAR maupun ketika di rumah,” pungkasnya. (eko/hms)

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: humas@perbanas.ac.id atau humas@hayamwuruk.ac.id

Follow Me:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini