STIE Perbanas Surabaya

Menu

Sejarah Singkat STIE Perbanas Surabaya

Pada awalnya Perhimpunan Bank-bank Nasional  atau disingkat PERBANAS (merupakan organisasi di bidang perbankan) menyelenggarakan kursus untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga di industri perbankan, maka dibentuklah program pendidikan yang dinamai  Kursus Kader Bank Tingkat “A” untuk lulusan SLTP dan Kursus Kader Bank Tingkat “B” untuk lulusan SLTA. Disamping kursus tertulis yang telah ada tersebut, pada tahun 1967-1968 diselenggarakan pula Pendidikan Kader Bank “B” untuk para karyawan dan karyawati Bank-Bank di Surabaya, baik Bank Pemerintah maupun Bank swasta. 

 

Perkembangan selanjutnya, Pendidikan Kader Bank “B” menjadi cikal bakal Akademi Ilmu Perbankan PERBANAS Surabaya (AIP PERBANAS Surabaya) dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 1970 sesuai dengan Surat Keputusan Pengurus PERBANAS Pusat No. 25/PERBANAS/1970. Para pendiri awal AIP PERBANAS Surabaya adalah: Drs. Ec. Agus Widjaja AS., Widianto Tedja, SH., Drs. S. Sidharta, dan Husein Moha, SH. Kemudian, sesuai peraturan DIKTI tentang penyelenggaraan Perguruan Tinggi yang tidak diperkenankan membuka cabang di tempat lain, maka di Jawa Timur didirikan Yayasan Pendidikan Perbanas Jawa Timur dengan akte notaris Gusti Djohan No. 57 tanggal 14 Desember 1977, yang kemudian diperbarui dengan akte notaris Suyati Subadi, SH No. 59 tanggal 22 April 1997.

 

Pada tahun 1982 dibuka Program Studi Sarjana Manajemen, dan dengan SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0356/1982 tanggal 2 Nopember 1982 dan nama Akademi Ilmu Perbankan PERBANAS Surabaya diubah menjadi Akademi Ilmu Perbankan dan Manajemen PERBANAS Surabaya (AIPM PERBANAS Surabaya).

Dalam rangka menindaklanjuti SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0336/1984 tanggal 9 Agustus 1984 tentang penataan jurusan dan program studi di lingkungan Perguruan Tinggi, melalui surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0510/0/1985 tangal 12 Agustus 1985 dilaksanakan perubahan bentuk dan nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS Surabaya  yang menyelenggarakan pendidikan untuk 2 (dua) jurusan, yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Sedangkan Program Studi Manajemen (S2) mulai diselenggarakan sejak tahun 2006 dengan SK no 4892/D/T/2006.
 

Prasarana Fisik

Pada awal berdirinya, kegiatan sekretariat dilaksanakan di salah satu ruang PT. Bank Amerta, Jalan Pemuda No. 4 Surabaya, sedangkan kegiatan perkuliahan diselenggarakan di Gedung YPPI, Jalan Sulungkali 45 – 47, Surabaya.
Bertepatan dengan Dies Natalis XI tanggal 29 Januari 1981 dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kampus di lahan seluas ± 3.945 m2 terletak di Jalan Nginden Semolo 36 Surabaya. Berkat dukungan sepenuhnya dari bank-bank Anggota PERBANAS se-Jawa Timur dan Bank Indonesia, pembangunan Gedung (A) untuk kampus dapat direalisasikan dan diresmikan pemakaiannya secara simbolis oleh Prof. Ir. Soekisno Hadikoemoro selaku Direktur Perguruan Tinggi Swasta (DIRGUTISWA) pada tanggal 26 Agustus 1982. Dengan dimilikinya gedung kampus tersebut, maka sejak September 1982 sekretariat beserta seluruh kegiatan akademik diselenggarakan di Kampus Jalan Nginden Semolo 36 Surabaya.

Sampai saat ini STIE PERBANAS Surabaya telah memiliki lahan milik sendiri seluas ± 7.715 m2 dengan 4 (empat) unit bangunan gedung yaitu A, B, C, dan D yang semuanya sudah dilengkapi dengan AC, yang digunakan untuk penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran. Sedangkan lahan seluas 6.460 m2 terletak di kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Surabaya saat ini telah dibangun Kampus 2  yang digunakan untuk pengembangan STIE Perbanas Surabaya.

Pengakuan Nasional dan Internasional


STIE Perbanas Surabaya telah mendapat pengakuan nasional dengan diperolehnya berbagai macam Hibah dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) diantaranya Hibah Semi-Que (2003-2004), Hibah K3 (2007), PHK A3 (2007-2009), Hibah K1(2008), Hibah Coop (2008-2009), PHKI (2009-2011), Hibah Program Mahasiwa Wirausaha (2009), Hibah Asosiasi Profesi Mahasiswa (2009). Dengan hibah K3, STIE Perbanas Surabaya memiliki akses untuk bergabung dalam jaringan Inherent (Indonesian Higher Education Network) yang dikelola Dikti sehingga dapat menyelenggarakan dan terlibat dalam video conference dengan 283 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu kepercayaan juga diberikan oleh Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR) untuk menyelenggarakan pelatihan kepada pihak perbankan untuk memperoleh sertifikasi manajemen risiko bank. Kepercayaan untuk menyelenggarakan pelatihan juga diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan pada 9 Juli 2009 untuk memberikan pelatihan kepada para manajer komperasi jasa keuangan di Jawa Timur untuk memperoleh sertifikasi.
Pengakuan di tingkat Kopertis Wilayah VII adalah:

  1. Ditunjuknya STIE Perbanas Surabaya sebagai Tim Pengembang Perguruan Tinggi (2009).
  2. Perguruan tinggi koordinator Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk wilayah Surabaya, Jombang, Lamongan dan Madura (2009).
  3. Pada 2008-2009 STIE Perbanas mendapat tiga penghargaan untuk Tata Kelola Manajemen Perguruan Tinggi; Penelitian dan Pengabdian Masyarakat; dan penghargaan sebagai Lima Perguruan Tinggi Unggulan Kelompok Non-Universitas.

Pengakuan internasional yang diperoleh diantaranya adalah diperolehnya Sertifikasi ISO 9001:2000 pada 12 Januari 2006 dan tiga tahun kemudian diperbarui dengan ISO 9001:2008 pada Maret 2009. Dengan sertifkasi ISO tersebut STIE Perbanas akhirnya mampu menempati peringkat ke 26 untuk Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi secara nasional melalui peringkatan DIKTI. Dalam hal keterlibatan di forum internasional, sejak tahun tahun 2005 para staf pengajar sudah aktif dalam forum-forum internasional seperti SEAAIR (South East Asian Association for Institutional Research), ASAIHL (Association of South East Asian Institutions of Higher Learning). Terkait dengan SEAAIR, STIE Perbanas Surabaya mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah SEAAIR pada penyelenggaraan 2008. Bahkan pada saat penyelenggaraan konferensi ke-7 tahun 2007 di Assumption University, Bangkok, Thailand, Ketua STIE Perbanas Surabaya, Prof.DR.Tatik Suryani dipercaya menduduki posisi Vice President pada SEAAIR Executive Committee untuk periode 2007-2010.  
Terkait dengan kepercayaan lembaga internasional di bidang pendidikan, STIE Perbanas Surabaya telah memperoleh tenaga pengajar volunteerdari Volunteer Service Overseas dari Inggris (1999) dan Australian Business Volunteer (2008). Pada tahun 2008 STIE Perbanas Surabaya dipercaya menjadi independent operator (pengelola) kegiatan International Award for Young People (IAYP) yang secara sentral dikelola oleh Duke of Edinburgh’s Award di Inggris yang memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang konsisten dalam melakukan kegiatan olah raga, pengabdian masyarakat, peningkatan ketrampilan serta mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Bidang Pendidikan & Pengajaran


Proses pendidikan dan pengajaran telah didukung dengan adanya learning management system (e-learning) yang bisa diakses dosen dan mahasiswa. Selain itu capaian kualitas pendidikan dan pengajaran telah banyak diakselerasi dengan diimplementasikannya aspek softskill dan pendekatan student-centered learning(SCL) dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan pedagogik dosen, telah diberikan pelatihan AA Pekerti pada tahun 2008. 

Sesuai visinya yang berstandar internasional, STIE Perbanas Surabaya sejak tahun 2006 telah menyelenggarakan perkuliahan dengan berbahasa Inggris untuk beberapa mata kuliah yaitu Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan (2006), Pengantar Manajemen (2007) dan Manajemen Stratejik (2009). Selain itu penetapan skor TOEFL minimal 400 sebagai persyaratan menempuh tugas akhir telah diberlakukan bagi mahasiswa angkatan 2005. Sedangkan capaian kemampuan berbahasa Inggris dosen dan karyawan diukur dari skor TOEFL atau presentasi mandiri di forum internasional dimana mulai 2005 telah diintegrasikan dalam sistem penilaian kinerja dosen dan karyawan berbasis kompetensi yang dinilai setiap tahun. Untuk mendukung kemampuan civitas akademika dan meningkatkan motivasi dan prestasi berbahasa Inggris, melalui Program Hibah Kompetisi A3 yang diperoleh Jurusan Akuntansi, telah dibangun ESAC (English Self-Access Center) yang merupakan pusat belajar bahasa Inggris mandiri. 

Global access juga telah dipikirkan dengan adanya koneksi internet bebas bagi sivitas akademika di kampus. Sedangkan kemampuan mahasiswa dalam mempelajari aplikasi software sudah berstandard Microsoft. Akses ke online journal yaitu Ebsco (sejak 2007) dan Pro-Quest sejak 2009 melalui hak akses dari Perpustakaan Nasional dan Dikti) sudah disediakan bagi dosen dan mahasiswa.

Profesionalisme dosen didukung dengan pengembangan keahlian di bidang masing-masing. Beberapa sertifikasi yang dimiliki dosen adalahCertified Profesional Marketing, Financial Planner, Cefified Financial Analyst (CFA), Financial Planner, Certified Wealth Management (CWM),Certified Professional Management Accountant (CPMA), Manajemen Risiko Bank, Manajemen Koperasi Jasa Keuangan, serta Lead Auditor yang secara khusus mendukung implementasi ISO namun sekaligus mendukung implementasi penjaminan mutu akademik. Beberapa asosiasi yang diikuti dosen adalah Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Teaching of English as A Second Language in Indonesia (TEFLIN). Dalam kelembagaan ISEI dosen-dosen senior STIE Perbanas Surabaya bahkan pernah menjabat sebagai Ketua ISEI yaitu Dr. Tjuk Kasturi Sukiadi (1995-2000) dan Dr. Wilopo (2003-2009).

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
Beberapa kerjasama penelitian telah dikerjakan dengan pihak luar yaitu dengan Bank Indonesia, Bank Umum, serta Dinas Koperasi. Selain itu dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas penelitian dosen khususnya penelitian aplikatif, telah dibentuk gugus penelitian sesuai bidang keahlian. Sedangkan untuk sharing hasil penelitian, para dosen sangat didukung untuk mempresentasikan hasil penelitian di forum nasional dan international. Jurnal yang sudah diterbitkan oleh STIE Perbanas sebagai media sosialisasi hasil penelitian yaitu Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi/Ventura (mulai 2002), Indonesian Journal of Banking and Finance (Pasca Sarjana, mulai 2009, terbit tiap Januari & Juli). Terdapat peningkatan jumlah dosen yang terlibat dan memperoleh hibah penelitian dari DIKTI seperti Hibah Penelitian Bersaing, Hibah Penelitian Fundamental, Hibah Penelitian Kajian Wanita serta Hibah Penelitian Dosen Muda. 

Program pengabdian masyarakat yang didanai Dikti adalah VUCER (dosen), Program Kreatifitas Mahasiswa (mahasiswa), COOP (mahasiswa) dan Hibah Kewirausahaan (mahasiswa) serta hibah Asosiasi Profesi Mahasiswa (APM). Program Kreatifitas Mahasiwa telah mengantar tim-tim mahasiswa masuk kompetisi tingkat nasional yaitu di Malang (2006), Lampung (2007) dan Malang (2009). 

Unit dan Aktifitas Pendukung bagi Mahasiswa 
Selain mendapatkan pengetahuan, skill dan pengembangan sikap yang diperoleh di kegiatan kurikuler di perkuliahan, mahasiswa diasah untuk memiliki softskill yang tinggi. Softkill telah diimplementasikan di dalam perkuliahan dan di luar perkuliahan melalui program Super Softskill Mentoring (SSM) di mana, mahasiswa baru dalam satu semester akan berinteraksi secara sistematis dengan para senior sehingga orientasi sosial, mental, team work, kemandirian dan mental berkompetisi akan terbentuk. Program Super Softskill Mentoring sudah dua kali berturut-turut mencatat rekor unik yang diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sejak tahun 2008. 

Organisasi kemahasiswaan telah disediakan untuk menyalurkan aktifitas penalaran, bakat dan minat, kesejahteraan dan pengabdian masyarakat, pengembangan organsisai pada tingkat nasional dilakukan dengan bantuan Hibah Asosiasi Profesi Mahasiswa diperoleh dari Dikti oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi pada tahun 2009 untuk membentuk asosiasi tingkat nasional yaitu Asosiasi Mahasiswa Akuntansi Indonesia (AMAI). Untuk membantu mahasiswa menyelesaikan berbagai persoalan yang dapat menggangu kegiatan akademis dan sosial di kampus disediakan Unit Layanan Psikologi.

Dengan visi lembaga yang berstandar internasional, kegiatan yang memberi kesempatan pada mahasiswa untuk belajar dan magang di luar negeri sudah dilaksanakan sejak 2006 yaitu atas kerjasama dengan Universitas Edith Cowan (Australia) untuk Auditing Student Program dan Universiti Sains Malaysia untuk Internship Program melalui Unit Corporate Social Responsibility.

Keterserapan Lulusan
Dalammembantu keterserapan lulusan di dunia kerja, Perbanas Career Center (PCC) telah memberikan pembekalan bagi mahasiswa yang menjelang lulus dengan pengetahuan dan keterampilan menghadapi dunia kerja. Selain itu lulusan juga dibantu memperoleh akses ke industri melalui berbagai program kerja antara lain Campus Hiring dan Perbanas Banking Job Fair. Untuk kegiatan Campus Hiringsebanyak 44 perusahaan telah bergabung, 27 perusahaan diantaranya mengadakan test dan seleksi langsung di kampus STIE Perbanas Surabaya. Bank dan perusahaan yang bergabung dalam kegiatan Campus Hiring diantaranya adalah Bank Danamon tbk, Bank Amin Indonesia,Bank Muamalat Indonesia, RBS Bank, PT. Puspetindo, PT. Lotus indah tekstile, PT. Garuda Indonesia Airlines, PT. Sindo Tiara Tunggal, PT. Insera Sena Poligon cycle, PT. Kedawung Setia, dan PT. Gudang Garam.

Kerjasama dengan Perbanas HRD Club yang beranggotakan para Manajer SDM di Bank-Bank Anggota Perbanas Jawa Timur guna meningkatkan keterserapan lulusan di Bank-bank anggota Perbanas Jawa Timur dengan mengadakan kegiatan Perbanas Banking Job Fair, bursa kerja khusus perbankan yang baru pertama kali diadakan di Indonesia, khususnya untuk pengguna di industri perbankan. Perbanas banking Job Fair ini diikuti oleh 26 Bank, beberapa diantaranya yaitu Bank Central Asia, Bank CIMB Niaga, Bank Maspion, Bank BTPN, Bank Yuda Bhakti, Bank Mandiri, Bank Bukopin, Bank OCBC NISP dan Bank Syariah Mega.

 

Alamat Kampus

  • Kampus 1: Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya
  • Kampus 2: Jl. Wonorejo Timur 16 Surabaya
  • Telp. 031-5947151, 031-5947152 Fax. 031-5935937
  • Hotline Telp/SMS/WA: 0858 9597 9800
  • email: [email protected]
Anda disini: Beranda Sekilas Sejarah Singkat